PERANAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS III PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAYAH NEGERI PRABUMULIH

Febryanti, Lara (2017) PERANAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS III PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAYAH NEGERI PRABUMULIH. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
LARA FEBRIYANTI 12270070.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengelolaan kelas merupakan apsek kompetensi pedagogik yang wajib dikuasai oleh guru, peranan guru dalam pengelolaan kelas adalah faktor penting untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang baik hanya bisa terjadi dalam ruang kelas yang nyaman dan kondusif, dengan demikian guru harus mempunyai kecakapan untuk mengupayakan terciptanya kondisi kelas yang efektif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengelolaan kelas di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Prabumulih? peranan guru dalam pengelolaan kelas di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Prabumulih? dan faktor yang mendukung dan menghambat guru dalam pengelolaan kelas III pada Mata pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Prabumulih. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan guru dalam pengelolaan kelas III Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Prabumulih. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Informan dalam penelitian ini guru kelas III B dan kepala sekolah. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisa data dalam penelitian ini adalah analisis deskriftif kualitatif, adapun analisis data penulis menggunakan teknik analisis Huberman dan Miells, yakni reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Adapun hasil dari penelitian yang diperoleh sebagai berikut: Pertama, pengelolaan kelas pada mata pelajaran Bahasa indonesiaPeranan guru dalam pengelolaan kelas yang dilakukan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan memanfaatkan semua sarana dan prasarana kelas oleh guru sudah cukup baik, dengan menitikberatkan pada pengaturan ruang kelas dan pengaturan siswa dengan menciptakan suasana belajar yang yang kondusif bagi siswa untuk belajar sehingga siswa dapat belajar dengan nyaman dan menyenangkan. Guru harus mengatur tempat duduk siswa, seorang guru harus bisa menguasai kelas, mengelola siswa dengan baik, menggunakan metode yang sesuai dengan situasi dan kondisi, dan menggunakan media pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang optimal. Selain itu deketahui juga faktor penghambat guru dalam pengelolaan kelas faktor dari guru yang kesulitan memahami karakter siswa dan faktor siswa. Dan faktor pendukung guru dalam pengelolaan kelas sarana dan prasarana yang lengkap dan adminsintras kelas yang dilaksanakan dengan baik dapat membantu dan mempermudah guru dalam mengajar. Khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:22
Last Modified: 27 Sep 2021 04:22
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11899

Actions (login required)

View Item View Item