PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG

KUSUMA, TEGUH (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TEGUH KUSUMA (13222100).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajan Role Playing terhadap peningkatan pemahaman konsep pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 2 Palembang pada tanggal 12-19 Mei 2017.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control GroupDesign. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Palembang yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 101 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purvosive sampling. Sampel penelitian ini kelas X3 s ebagai eksperimen berjumlah 26 siswa dan kelas X4 sebagai kelas kontrol berjumlah 24 siswa. Pada proses pembelajaran, kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing dan kelas kontrol diajarkan dengan metode diskusi.Pengambilan data menggunakan tes pemahaman konsep dengan bentuk soal essay yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa N-gain rata-rata kelas eksperimen adalah 0,71 yang termasuk kategori tinggi dan N-gain rata-rata untuk kelas kontrol 0,50 yang termasuk kategori sedang. Analisis data menggunakan uji�t dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh sig 0,000 <0,05 dengan thitung = 5.638 sedangkan ttabel = 1,677 terlihat bahwa thitung> ttabel. Oleh karena itu (Ha) diterima dan (H0) ditolak dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Role Playing terhadap penguasaan konsep sistem peredaran darah manusia kelas X SMA Muhammadiyah 2 Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:23
Last Modified: 27 Sep 2021 04:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11906

Actions (login required)

View Item View Item