Rinjani, Yuka (2018) PERAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI PENDIDIKAN ANTIKORUPSI SISWA KELAS X DI MA Al-FATAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
SKRIPSI YUKA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Anti Korupsi Siswa Kelas X Di Ma Al�Fatah Palembang. Pendidikan Islam sebagai bagian integral dari pendidikan Indonesia tentunya mempunyai peranan penting dalam mengembangkan nilai antikorupsi. Penelitian yang berjudul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Anti Korupsi Siswa Kelas X Di Ma Al�Fatah Palembang” terdapat Tiga Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, Pertama Bagaimana Pelaksanaan Pendidikan Antikorupsi siswa kelas X di MA Al�Fatah Palembang, Kedua Bagaimana Perananan Guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai pendidikan antikorupsi siswa kelas X di MA Al-Fatah Palembang, dan Ketiga Faktor pendukung dan penghambat Guru dalam menanamkan nilai pendidikan antikorupsi siswa kelas X di MA Al-Fatah Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu, Data Primer dalam penelitian ini ialah Kepala Sekolah dan Guru Pendidikan Agama Islam, serta Siswa-siswi Kelas X MA Al-Fatah Palembang. Sedangkan data sekundernya ialah Buku-buku dan informasi dari instansi melalui laporan-laporan yang terkait dengan permasalahan penelitian. Pengumpulan data berdasarkan hasil Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Anti Korupsi Siswa Kelas X Di Ma Al-Fatah Palembang, berdasarkan indikator-indiktor dari teori yang digunakan secara keseluruhan, maka dapat disimpulkan bahwa Peran guru pendidikan Agama Islam dalam melaksanakan penanaman nilai pendidikan antikorupsi dikatogerikan sudah baik, dilihat dari peran guru sebagai teladan, guru sebagai pendidik, guru sebagai pengawas, guru sebagai pembimbing, guru sebagai motivator, guru sebagai pengawas, dan guru sebagai fasilitator. Sedangkan nilai-nilai pendidikan antikorupsi yaitu ada sembilan nilai. Adapun Faktor pendukung peran guru pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai pendidikan antikorupsi adalah program madrasah, peraturan tata tertib madrasah yang tegas, kerjasama mayoritas guru pendidikan agama islam, karakter yang baik, sedangkan faktor penghambat peran guru pendidikan agama islam dalam menenamkan nilai pendidikan antikorupsi adalah fasilitas madrasah, keterbatasan waktu dalam mengawasi peserta didik dan latar belakang peserta didik yang beragam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? BP ?? ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 04:24 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 04:24 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11921 |
Actions (login required)
View Item |