Melda, Mely (2012) IMPLEMENTASI IAYANAN BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
BAB 1-5 dan lampirannya.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul: Implementasi Iayanan Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa di SMK Muhammadiyah 1 Palembang. Kurangnya kreativitas guru pembimbing dalam menerapkan layanan bimbingan konseling dalam meningkatkan semangat belajar siswa. Kurangnya layanan bimbingan konseling dalam memberikan dan menggingatkan tanggung jawab-tanggung jawab sebagai seorang siswa. Banyaknya siswa yang belum mengerti apa tanggung jawab sebagai siswa. Kurangnya layanan bimbingan konseling dalam memberikan semangat atau suport kepada siswa untuk lebih semangat dalam belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan individu pada kelas X TKJ 1 dalam meningkatkan tanggung jawab belajar siswa di SMK Muhammadiyah 1 Palembang?, faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan layanan bimbingan individu pada kelas X TKJ 1 di SMK Muhammadiyah 1 Palembang?. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan individu pada kelas X TKJ 1 dalam meningkatkan tanggung jawab belajar siswa di SMK Muhammadiyah 1 Palembang dan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pelaksanaan layanan bimbingan individu pada kelas X TKJ 1 di SMK Muhammadiyah 1 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini terdapat 2 jenis informan di antaranya: Informan kunci (H. Mursalin (selaku koordinator bimbingan konseling). Informan pendukung terdiri dari kepala madrasah SMK Muhammadiyah 1 Palembang, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Waka Sarana dan Prasarana, perwakilan guru dan semua anggota bimbingan konseling SMK Muhammadiyah 1 Palembang. Data-data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan pendekatan induktif dan menggunakan verifikasi, klasifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Secara keseluruhan layanan bimbingan konseling individu SMK Muhammadiyah 1 Palembang sudah berjalan baik terbukti dengan adanya sarana dan prasarana khusus BK dan Ada 2 guru BK di SMK Muhammadiyah 1 Palembang yang memiliki kualifikasi pendidikan BK. Meski harus ada perbaikan seperti menambah tenaga guru BK yang memang memiliki kualifikasi guru BK, selain itu dari 12 guru BK yang hanya 2 guru saja yang memang bertugas sebagai guru BK sedang sisanya 10 adalah guru yang masih bertugas aktif mengajar di SMK Muhammadiyah 1 Palembang. Hal-hal yang mendukung pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling antara lain:, sudah ada sarana dan prasarana khusus BK walaupun belum lengkap, ada 2 guru BK di SMK Muhammadiyah 1 Palembang yang memiliki kualifikasi pendidikan BK, kurangnya jumlah tenaga guru BK, masih ada guru BK yang belum memahami tentang tugas pokok dan fungsi BK, ruangan layanan yang sempit sehingga hanya mampu menampung 3-5 orang dan masih ada sebagian siswa yang mempunyai anggapan bahwa guru BK hanya pengawas mereka saja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 04:24 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 04:24 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11923 |
Actions (login required)
View Item |