DARLIANSYAH, DARLIANSYAH (2018) UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL- QUR’AN PADA SISWA KELAS MTS AHLIYAH 1 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
BAB I.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (489kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (435kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (422kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan membaca Al Qur’an merupakan hal yang sangat vital dalam mempelajari Al Qur’an. Dalam Islam Al Qur’an adalah pedoman utama yang harus dianut baik untuk menjalani kehidupan didunia maupun diakhirat. Membaca Al Qur’an dengan baik harus diawali dengan tanpa proses belajar siswa tidak mungkin seseorang yang tidak bisa sama sekali menjadi mampu membaca Al Qur’an sesuai dengan kaidah bacaan yang benar. Akan tetapi di MTs Ahliyah 1 Palembang siswanya masih banyak yang belum dapat membaca dengan baik dan benar. Dari uraian di atas jelaslah bahwa upaya guru sangat diperlukan sekali dari segi proses mengajar maupun proses belajar yang di lakukan oleh siswa. Penelitian ini memiliki rumusan masalah, yakni faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung kemampuan siswa membaca Al-Qur’an di kelas VII MTs Ahliyah 1Palembang dan bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di kelas VII MTs Ahliyah 1 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung kemampuan siswa membaca Al-Qur’an di kelas VII MTs Ahliyah 1 Palembang. Selanjutnya, untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di kelas VII MTs Ahliyah 1 Palembang. Untuk mencapai tujuan tersebut, metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mendapatkan data, penulis wawancara dengan kepala sekolah, guru Al Qur’an dan peserta didik kelas VII MTs Ahliyah 1 Palembang. Dalam observasi ini peneliti akan mengambil data bagaimana aktifitas pembelajaran di kelas dan prilaku siswa di lingkungan sekolah serta studi dokumentai. Dari data wawancara, observasi dan studi dokumentasi kemudian penulis menganalisis kembali hasil data tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penghambat dan pendukung kemampuan siswa membaca Al-Qur’an di kelas VII MTs Ahliyah 1 Palembang yaitu, faktor internal (faktor kecerdasan/intelegensi, faktor motivasi siswa, dan faktor minat) sedangkan faktor eksternal (faktor lingkungan masyarakat, faktor lingkungan keluarga, dan faktor teman sebaya). Kemudian disini terdapat upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di kelas VII MTs Ahliyah 1 Palembang yakni dengan melakukan kerja sama dengan orang tua siswa, memberikan bimbingan, Membagi kelas siswa yang belum bisa dengan yang sudah bisa membaca Al Qur’an, memberikan pujian dan motivasi, memberi hukuman, dan pemberian tugas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 04:30 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 04:30 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11996 |
Actions (login required)
View Item |