PENGARUH PELAKSANAAN SHALAT FARDHU TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SANTRI DI PONDOK PESANTREN PUTRI AL-LATHIFIYYAH PALEMBANG

ARYANI, ULVA (2017) PENGARUH PELAKSANAAN SHALAT FARDHU TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SANTRI DI PONDOK PESANTREN PUTRI AL-LATHIFIYYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
ULVA ARYANI (13210284).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kecerdasan Emosional (EQ) adalah kemampuan untuk menyikapi pengetahuan-pengetahuan emosional dalam bentuk menerima, memahami, dan mengelolanya. Dengan kata lain Kecerdasan Emosi adalah kompas berprilaku/ beretika. Menurut hasil penelitian, setidaknya 75% kesuksesan manusia lebih ditentukan oleh kecerdasan emosinya (EQ) dan hanya 4% yang ditentukan oleh kecerdasan intelektualnya. IQ tanpa EQ dapat membuat anda berhasil meraih nilai A dalam ujian, tetapi tidak akan membuat anda berhasil dalam kehidupan. Untuk mencapai keselarasan antara emosi dan logika yang menjadi bagian dari kecerdasan emosi, salah satu caranya adalah dengan menggunakan pusat spritual untuk menciptakan kedamaian. Di antara hal yang dapat menciptakan kedamaian adalah ibadah shalat, karena shalat adalah ibadah yang langsung menghubungkan manusia dengan Sang Pencipta, kebahagiaan dunia akhirat bagi orang yang ta’at menjalankannya. Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah yang dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan shalat fardhu santri di pondok pesantren putri Al-Lathifiyyah Palembang, bagaimana kecerdasan emosional santri di pondok pesantren putri Al-Lathifiyyah Palembang, dan bagaimanakah pengaruh pelaksanaan shalat terhadap kecerdasan emosional santri di pondok pesantren putri Al-Lathifiyyah Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah santri di Pondok Pesantren Putri Al-Lathifiyyah Palembang sebanyak 102 orang santri, dari populasi tersebut diambil 25% yaitu 25 santri sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan pengamatan, wawancara, angket dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan statistik angka dan skor. Selanjutnya diolah dengan proses pemindahan data dalam bentuk tabel yaitu tabel frekuensi. Setelah semua data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus TSR, Presentase, dan korelasi product moment. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan shalat fardhu santri baik dari aspek kerutinan pelaksanaannya maupun semangat dalam pelaksanaannya di pondok pesantren putri Al-Lathifiyyah Palembang setelah diuji statistik tergolong sedang 68% (17 santri). Sedangkan Kecerdasan Emosional santri tergolong sedang sebanyak 56% (14 santri). Berdasarkan analisa data dengan menggunakan rumus statistik product moment ternyata ada pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan shalat fardhu dengan kecerdasan emosional, karena berdasarkan perbandingan nilai “r” yang terdapat pada nilai “phi” adalah lebih besar dari pada “r” tabel, baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1% (0,396<0,64>0,505). xii

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:48
Last Modified: 27 Sep 2021 04:48
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12081

Actions (login required)

View Item View Item