Fattileni, Lisa (2018) PELAKSANAAN SISTEM BELAJAR E- LEARNING DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP) PALCOMTECH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
SKRIPSI LISA FATTILENI 14290058.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang “Pelaksanaan Sistem Belajar E-learning di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Palcomtech Palembang”. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana pelaksanaan sistem belajar e-learning di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Palcomtech Palembang dan faktor pendukung serta penghambat pelaksanaan sistem belajar e-learning di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Palcomtech Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian termasuk dalam penelitian lapangan (flied research) yang diharapkan dapat memberi gambaran dari tempat penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan utama (key informan) dalam penelitian ini ialah koordinator tim dibidang Research dan Development (Penelitian dan Pengembangan). Sedangkan informan pendukung ialah manajer, guru, dan peserta didik di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Palcomtech Palembang. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan berdasarkan pendapat Miles dan Huberman terdiri dari reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan (conclusion drawing/verification) teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Adapun hasil penelitian bahwa: (1) Pelaksanaan Sistem Belajar E-learning di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Palcomtech Palembang terdiri mulai dari perencanaan sistem belajar e-learning, pelaksanaan, dan evaluasi sistem belajar elearning. Perencanaan dilakukan oleh guru dan siswa harus tedaftar dalam LMS, dibantu oleh manajer dan tim tim dibidang Research dan Development (Penelitian dan Pengembangan). Pelaksanaan sistem belajar e-learning dengan cara melakukan pelatihan guru dan kelas martikulasi kepada siswa baru untuk mengenal model pembelajaran e-learning. Evaluasi sistem belajar e-learning ialah dengan cara melihat hasil belajar siswa tersebut. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan sistem belajar e-learning di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Palcomtech Palembang sebagai berikut: faktor pendukung yang meliputi adanya motivasi dalam penggunaan dan pengaplikasian internet sangat besar, baik dari manajer, guru, maupun siswa, sarana prasarana yang dimiliki sudah cukup untuk penerapan e-learning. Sedangkan faktor penghambat meliputi: terbatasnya kemampuan guru dalam mengaplikasikan pembelajaran e-learning disekolah, sumber daya manusia yang belum optimal dalam penerapan implementasi elearning, belum adanya websitee-learning, dan kesadaran semua pihak dalam pentingnya pembelajaran e-learning dalam memajukan pendidikan di sekolah masih sedikit.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 04:51 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 04:51 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12096 |
Actions (login required)
View Item |