PENGARUH PENERAPAN MEDIA BUKU HARIAN DALAM PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PADA SISWA KELAS IV MIs AL-HALIM DESA JAJARAN BARU II KECAMATAN MEGANG SAKTI KABUPATEN MUSI RAWAS

Triwulandari, Rohmi (2021) PENGARUH PENERAPAN MEDIA BUKU HARIAN DALAM PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PADA SISWA KELAS IV MIs AL-HALIM DESA JAJARAN BARU II KECAMATAN MEGANG SAKTI KABUPATEN MUSI RAWAS. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
2_BAB I.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6_BAB V.pdf

Download (65kB) | Preview

Abstract

Penggunaan media buku harian digunakan untuk mengetahui keterampilan menulis peserta didik yaitu dalam menuliskan kesimpulan ataupun pembelajaran yang didapatkan selama pembelajaran berlangsung untuk dituangkan dalam buku harian. Pembelajaran kontekstual dapat berkaitan erat dengan media buku harian yang merupakan konsep belajar yang dapat mendukung guru menghubungkan antara materi yang diajarkan dengan kondisi kehidupan nyata peserta didik yang artinya peserta didik secara langsung berperan aktif dalam proses pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu ketidakpercayaan diri perserta didik dalam menyampaikan kesimpulan pembelajaran dimungkinkan kurangnya solusi yang dilakukan guru untuk meningkatkan kemampuan masing-masing yang dimiliki oleh peserta didik. Adapun faktor kurangnya wawasan dan pengetahuan yang dimiliki peserta didik dikarenakan kurang dalam hal membaca dan menulis. Oleh karena itu, peneliti memilih penerapan media buku harian peserta didik dalam pembelajaran kontekstual terhadap keterampilan menulis. Adapun tujuan penelitian ini tentang penerapan media buku harian, serta keterampilan menulis, dan pengaruh penerapan media buku harian peserta didik. Penelitian ini dilakukan di kelas IV MI Al-Halim yang berjumlah 28 orang. Teknik yang digunakan untuk menentukan sampel pada penelitian ini adalah non probability sampling yaitu Purposive sampling dimana teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Dengan menggunakan metode Pre-Experimental dengan bentuk One-Shot Case Study dengan pendekatan kuantitatif. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah buku harian peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data dan analisis data menggunakan excel dan perhitungan manual dengan ini hasil penelitian diperoleh rata-rata kemampuan menulis kesimpulan dengan menggunakan media buku harian pada Minggu I ketuntasan belajar mencapai klasikal 61% dan Minggu II ketuntasan mencapai klasikal 75%. Serta berdasarkan hasil hipotesis diperoleh

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: media buku harian, pembelajaran kontekstual, keterampilan menulis.
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:54
Last Modified: 27 Sep 2021 04:54
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12137

Actions (login required)

View Item View Item