PENGARUH PENERAPAN STRATEGI CONCEPT MAPPING BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAKELAS V MATA PELAJARAN IPA DI MI MUNAWARIYAH

LUSIANAH, LUSIANAH (2017) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI CONCEPT MAPPING BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAKELAS V MATA PELAJARAN IPA DI MI MUNAWARIYAH. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
LUSIANAH 13270056.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Setiap pembelajaran tentunya mempunyai tujuan pembelajaran. Ilmu Pengetahuan Alam merupakan salah satu mata pelajaran pokok dalam kurikulum pendidikan di Indonesia, termasuk pada jenjang sekolah dasar. Ilmu Pengetahuan Alam berkaitan dengan pandangan pada peserta didik bahwa Ilmu Pengetahuan Alam adalah suatu bidang studi yang sulit untuk dipelajari. Hal ini disebabkan karena dalam kegiatan pembelajaran guru masih menerapkan metode konvensional sehingga siswa lebih cepat merasa jenuh dan kurang memahami materi yang disampaikan guru. Peta konsep mempermudah siswa dalam belajar karena dalam pembuatan peta konsep siswa sudah membuat hubungan-hubungan atau keterkaitan antara konsep utama dengan konsep lainnya. Penggunaan multimedia yang dipadukan dengan strategi ini akan membuat pembelajaran Ilmu Penegetahuan Alam menjadi lebih menarik, yang membuat siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran Ilmu Penegetahuan Alam. Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1. Bagaimana penerapan strategi concept mapping berbasis multimedia pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Madrasah Ibtida‟iyah Munawariyah? 2. Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Madrasah Ibtida‟iyah Munawariyah? 3. Adakah pengaruh penerapan strategi concept mapping berbasis multimedia terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Madrasah Ibtida‟iyah Munawariyah? Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian ekperimen, dengan design True Eksperimentalbentuk Posttest-Only Control Design. teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumntasi. Teknik analisis data menggunakan uji “t”. Karena

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 06:52
Last Modified: 27 Sep 2021 06:52
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12163

Actions (login required)

View Item View Item