Muhammad, Haidir (2019) SUPERVISI KINERJA GURU YANG DILAKUKAN KEPALA MADRASAH ALIYAH MA'ARIFUL ULUM KECAMATAN TALANG KELAPA KABUPATEN BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
fix tesis CD.doc Download (1MB) |
Abstract
Kinerja guru adalah kegiatan guru dalam proses pembelajaran yaitu bagaimana seorang guru merencanakan pembelajaran, melaksanakan kegiatan pembelajaran, dan menilai hasil belajar. Salah satu cara efektif untuk mengontrol kinerja guru adalah dengan melakukan pengawasan oleh Kepala Madrasah. Melalui program supervisi pendidikan diharapkan terjadi peningkatan kualitas guru sehingga kualitas sekolah turut mengalami peningkatan. Keberhasilan seorang Kepala Madrasah diukur berdasarkan kemampuanya menyelenggarakan fungsi-fungsi manajemen supervisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Supervisi Kinerja Guru di MA Ma’ariful Ulum Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa dalam melaksanakan supervisi kinerja guru dalam merencanakan proses belajar mengajar Kepala MA Ma’ariful Ulum melakukan pemeriksaan silabus pembelajaran dan RPP yang dibuat oleh guru. Karena dalam pembuatan silabus dan RPP, masih ada sebagian guru yang pasif sehingga dalam perencanaan pembelajaran guru hanya untuk memenuhi kewajiban administrasi, bukan untuk acuan melaksanakan pembelajaran dikelas, sehingga pelaksanaan pembelajaran di kelas relatif tidak terencana. Dalam melaksanakan supervisi kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran Kepala MA Ma’ariful Ulum melakukan kepengawasan individual pada saat guru melaksanakan proses belajar mengajar dengan mengunjungi kelas dan observasi kelas, kemudian dilanjutkan dengan pertemuan atau percakapan individual yang dilaksanakan di dalam kelas ketika murid-murid sedang istirahat. Kepala MA Ma’ariful Ulum dalam melaksanakan supervisi pelaksanaan pembelajaran memberikan masukan kepada guru mengenai proses pembelajaran harus dimulai dari tahap pra-instruksional. Kemudian memberikan masukan kepada guru mengenai mengenai cara penyampaian materi, metode pembelajaran dan kegiatan menutup pembelajaran, karena guru dalam melaksanakan pembelajaran masih kurang menggunakan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran, masih ada guru yang melaksanakan evaluasi pembelajaran, masih dititik beratkan pada penilaian kognitif saja, sedangkan untuk ranah efektif apalagi psikhomotor kurang diperhatikan. Evaluasi pembelajaran dilaksanakan oleh guru dengan tujuan mengetahui kemampuan siswa dalam proses belajar mengajar yang telah dilaksanakan. Apabila terdapat peserta didik yang tidak mencapai nilai kriteria kemampuan minimal, maka guru harus mengadakan remidi dan pengayaan. Kata kunci: Supervisi, Kinerja Guru
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 06:53 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 06:53 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12180 |
Actions (login required)
View Item |