HARYANI, MERLY (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MATERI FAKTORISASI SUKU ALJABAR DI SMP ADABIYAH PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
MERLY HARYANI (.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII materi faktorisasi suku aljabar di SMP Adabiyah Palembang. Pada penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII tahun 2015-2016. Populasi penelitian ini terdiri dari 4 kelas dan dipilih 2 kelas sebagai sampel dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Cluster Random Sampling (Area Sampling) yaitu, siswa kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes sebagai pengukur hasil belajar pada ranah kognitif. Analisis data menggunakan uji t dan taraf signifikan = 0,05. Hasil analisis data menggunakan uji t’ diperoleh thitung = 5,13 dan ttabel = 1,996 pada taraf signifikan 5%. Hal ini berarti bahwa bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII materi faktorisasi suku aljabar di SMP Adabiyah Palembang dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode pembelajaran tutor sebaya, hasil belajar |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 18 Aug 2017 02:56 |
Last Modified: | 18 Aug 2017 02:56 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/1221 |
Actions (login required)
View Item |