IDENTIFIKASI JAMUR MAKROSKOPIS DI TAMAN WISATA ALAM PUNTI KAYU PALEMBANG DAN KONTRIBUSINYA DALAM PEMBUATAN HANDBOOK UNTUK MATERI FUNGI KELAS X MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA/MA

Efthita, Rolla (2018) IDENTIFIKASI JAMUR MAKROSKOPIS DI TAMAN WISATA ALAM PUNTI KAYU PALEMBANG DAN KONTRIBUSINYA DALAM PEMBUATAN HANDBOOK UNTUK MATERI FUNGI KELAS X MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA/MA. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Rolla Efthita (14222156).pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Jamur makroskopis sangat menarik untuk diamati, sayangnya informasi tentang jenis jamur makroskopis di Taman Wisata Alam Punti Kayu Palembang sangat terbatas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui spesies jamur makroskopis dan ciri-ciri jamur makroskopis yang ditemukan di dalam kawasan Taman Wisata Alam Punti Kayu Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode jelajah di sepanjang jalan utama dan jalan setapak blok pemanfaatan Taman Wisata Alam Punti Kayu Palembang. Pengamatan dan identifikasi dilakukan berdasarkan ciri-ciri makroskopis yang menjadi pembeda dari jamur yaitu warna tudung, tipe tudung, bentuk tangkai, tipe lamella, pinggiran tudung, ada atau tidak adanya cincin, dan tipe volva. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian didapatkan Sebanyak 1 famili termasuk ke dalam filum Ascomycota adalah Discinaceae, sementara filum Basidiomycota terbagi menjadi 8 famili yaitu Tricholomataceae, Auriculariaceae, Ganodermataceae, Phanerochaetaceae, Fomitopsidaceae, Polyporaceae, Cantharellaceae, dan Stereaceae. Keragaman jenis ini didominasi oleh jamur makroskopis dari ordo Aphyllophorales. Adapun kontribusi dari penelitian ini berupa handbook yang akan digunakan sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:02
Last Modified: 27 Sep 2021 07:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12290

Actions (login required)

View Item View Item