PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MIN 1 TELADAN PALEMBANG

HAYATI, ESTI (2017) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MIN 1 TELADAN PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
ESTI HAYATI (13270032).pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah dari hasil observasi awal penulis di MIN 1 Teladan Palembang, bahwa masih ada problematika yang dialami oleh para guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 khususnya dalam menerapkan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran. Para guru khususnya guru IPA masih kurang begitu paham tentang pendekatan saintifik dan hasil belajar siswa masih kurang baik, pembelajaran masih monoton dan kurang menarik motivasi belajar siswa yang berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar siswa sehingga rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: Pertama, bagaimana hasil belajar IPA yang tidak diterapkan pendekatan saintifik?. kedua, Bagaimana hasil belajar IPA yang diterapkan pendekatan saintifik?. Ketiga, adakah pengaruh penerapan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar IPA? Metodologi penelitian pada skripsi ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah true eksperiment. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Posttest only control design. Sampel terdiri dari dua kelas, kelas eksperimen dengan menggunakan pendekatan saintifik, sedangkan kelas kontrol tidak menggunakan pendekatan saintifik. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah dengan tes. Teknik pengolahan data dengan menggunakan statistik tes t. Dari analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan yaitu: pertama, Hasil belajar siswa yang diterapkan pendekatan saintifik mendapatkan mean sebesar 84. Sedangkan persentase hasil belajar siswa yang memperoleh skor tinggi ada 2 orang siswa (5.56 %), skor sedang ada 30 orang siswa (83,33 %), dan skor rendah ada 4 orang siswa (11,11 %.). kedua, Hasil belajar siswa yang tidak diterapkan pendekatan saintifik mendapatkan mean sebesar 61. Sedangkan persentase hasil belajar siswa yang memperoleh skor tinggi ada 4 orang siswa (11,11 %), skor sedang ada 27 orang siswa (75 %), dan skor rendah ada 5 orang siswa (13,89 %.). ketiga, Penerapan pendekatan saintifik berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA, hal ini dapat dilihat hasil uji hipotesis menggunakan uji t yaitu: perhitungan (t0 = 9,02) dan besarnya “t” yang tercantum pada Tabel Nilai t (ttts 5% = 2,00 dan ttts 1% =2,65) maka dapat diketahui bahwa t0 adalah leih besar daripada tt yaitu 2,00<9,02>2,65.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? BP ??
?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:02
Last Modified: 27 Sep 2021 07:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12294

Actions (login required)

View Item View Item