PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL KEAGAMAAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) MUHAMMADIYAH 6 PALEMBANG

HAQ, MIFTAHU (2017) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL KEAGAMAAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) MUHAMMADIYAH 6 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
miftahul haq (13210172).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kajiannya dilatarbelakangi masih banyak siswa yang sering terlambat dan tidak fokus dalam mengikuti pelajaran di kelas, kurangnya waktu dalam melaksanakan kegiatan sosial keagamaan, siswa masih ada yang tidak mencontoh berpakaian yang baik (laki-laki), siswa masih ada yang gugup dalam melaksanakan program sosial keagamaan seperti muhadarah, ceramah dan lain-lain, lemahnya sikap sosial siswa dalam berinteraksi di lingkungan sekitarnya. Permasalahan penelitian ini:Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam di SMA Muhammadiyah 6 Palembang?Bagaimana kehidupan sosial keagamaan siswa di SMA Muhammadiyah 6 Palembang? Apa dampak positif peran guru pendidikan agama Islam terhadap kehidupan sosial keagamaan siswa di SMA Muhammadiyah 6 Palembang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru pendidikan agama Islam di SMA Muhammadiyah 6 Palembang, untuk mengetahui kehidupan sosial keagamaan siswa di SMA Muhammadiyah 6 Palembang, dan untuk mengetahui dampak positif peran guru pendidikan agama Islam terhadap kehidupan sosial keagamaan siswa di SMA Muhammadiyah 6 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif yakni dilakukan dengan cara menjelaskan, menggambarkan dan menguraikan pokok permasalahan yang hendak dibahas. Teknik pengumpulan data menggunakan Riset Deskriptif atau Analisis Deskriptif yang merupakan penelitian non-hipotesis sehingga dalam langkah penelitiannya tidak perlu merumuskan hipotesis. Sumber data penelitian ini adalah data primer adalah data yang diperoleh atau dikumpulkan langsung di lapangan oleh peneliti melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dan data sekunder adalah data yang diperoleh dari sumber-sumber yang ada seperti lewat dari orang lain, atau lewat dokumen, peraturan-peraturan yang tertulis, arsip-arsip yang ada hubungan dengan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para civitas akademika, para mahasiswa, para tenaga pengajar mata kuliah jurusan dan program studi, khususnya Pendidikan Agama Islam di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang, terutama untuk memberi dorongan kepada mahasiswa agar memahami dan mendalami hakikat peran guru pendidikan terhadap kehidupan sosial keagamaan siswa, untuk selanjutnya diterapkan dilingkungan pendidikan Islam. Kata Kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Kehidupan Sosial Keagamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? BP ??
?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:04
Last Modified: 27 Sep 2021 07:04
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12317

Actions (login required)

View Item View Item