IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMA SULTAN MAHMUD BADARUDDIN PALEMBANG.[SKRIPSI]

DEWI, RINI SUTRA (2017) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMA SULTAN MAHMUD BADARUDDIN PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
RINI SUTRA DEWI (12210214).pdf

Download (854kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMA Sultan Mahmud Badaruddin Palembang”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh merosotnya akhlak para pelajar dan pendidikan karakter adalah bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa kepada siswa dan melalui Pendidikan Agama Islam merupakan cara yang paling tepat untuk menanamkan karakter pada siswa. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pendidikan karakter dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMA Sultan Mahmud Badaruddin Palembang dan faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan pendidikan karakter dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMA Sultan Mahmud Badaruddin Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di SMA Sultan Mahmud Badaruddin Palembang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu menguraikan, menggambarkan, dan menjelaskan data yang didapat dari hasil penelitian kemudian diambil kesimpulan sebagai hasil dari analisis. Adapun sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data skunder. Kemudian tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk memperoleh sejumlah data berkenaan dengan cara guru mengimplementasikan pendidikan karakter dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Wawancara digunakan untuk mendapatkan data tentang mengimplementasikan pendidikan karakter dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dikelas maupun diluar kelas. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data tentang sejarah perkembangan SMA Sultan Mahmud Badaruddin Palembang, keadaan guru dan siswa, serta keadaan sarana dan prasarana yang ada di SMA Sultan Mahmud Badaruddin Palembang untuk kelengkapan data penelitian. Adapun hasil dari penelitian yang dilakukan penulis diperoleh bahwa SMA Sultan Mahmud Badaruddin Palembang telah melaksanakan pendidikan karakter meski belum optimal dalam pelaksanaannya dan dalam mengimplementasikan pendidikan karakter melalui kegiatan intrakurikuler yakni mulai dari perencanaan, prelaksanaan, dan evaluasi. Adapun Faktor pendukung dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di SMA Sultan Mahmud Badaruddin Palembang adalah tersedianya sarana prasarana, ada dukungan dari kepala sekolah, dan teladan dari guru. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa SMA Sultan Mahmud Badaruddin Palembang telah melaksanakan pendidikan karakter dan sudah dapat dikatakan baik. Pelaksanaan pendidikan karakter melalui kegiatan intrakurikuler yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Aug 2018 03:11
Last Modified: 28 Aug 2018 03:11
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/1234

Actions (login required)

View Item View Item