PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE-EXPLAIN (POE ) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPA DI MI DAARUL AITAM PALEMBANG

OKTARINA, SEPTIN (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE-EXPLAIN (POE ) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPA DI MI DAARUL AITAM PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIXS SEPTIN.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah dari hasil observasi awal penulis di Madrasah Ibtidaiyah Daarul Aitam Palembang, bahwa Masih rendahnya perhatian siswa pada mata pelajaran IPA, penggunaan model pembelajaran masih bersifat konvensional pembelajaran masih berorientasi pada guru. Sehingga rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah pertama, bagaimana penerapan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) siswa kelas V mata pelajaran IPA di MI Daarul Aitam Palembang?. Kedua, bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) ?. Ketiga, adakah pengaruh penerapan pembelajaran Predict Observe Explain (POE) terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPA di MI Daarul Aitam Palembang? Metodologi penelitian pada skripsi ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Pre-ekperimental design. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group preetest-postest design. Sampel terdiri dari satu kelas dengan menggunakan model pembelajaran Predict Obesrve Explain (POE). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah dengan tes. Teknik pengolaan data dengan menggunakan statistika tes t. Hasil penelitian dapat disimpulkan yaitu: pertama, hasil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran Predict Obesrve Explain (POE) mendapat mean sebesar 41. Sedangkan persentase hasil belajar siswa yang memperoleh skor tinggi ada 6 orang siswa (19,39%), skor sedang ada 20 orang siswa (64,51%), dan skor rendah ada 5 orang siswa (16,12%). Kedua, hasil belajar siswa sesudah diterapkan model pembelajaran Predict Obesrve Explain (POE) mendapat mean sebesar 82. Sedangkan persentase hasil belajar siswa yang memperoleh skor tinggi ada 2 orang siswa (6,45%), skor sedang ada 27 orang siswa (87,89%), dan skor rendah ada 2 orang siswa (6,45%). Ketiga, penerapan model pembelajaran Predict Obesrve Explain (POE) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA, hal ini dapat dilihat hasil uji hipotesis menggunakan uji t yaitu: perhitungan (t0= 11,22) dan besarnya “t” yang tercantum pada Tabel Nilai t ( 5% = 2,04 dan 1% = 2,75) maka dapat diketahui bahwa t0 adalah lebih besar dari pada tt yaitu 2,04<11,22>2,75.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? BP ??
?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:05
Last Modified: 27 Sep 2021 07:05
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12344

Actions (login required)

View Item View Item