ANGGRAINI, ENI (2018) PENGARUH PENGGUNAAN WAKTU BELAJAR DI LUAR SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs DARUSSALAM PRABUMULIH. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
ENNI ANGGRAINI (14210064).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
enelitian ini mebahas tentang pengaruh penggunaan waktu belajar di luar sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Darussalam prabumulih. Penelitian ini dilatar belakangi dimana siswa menggunakan waktu luang di luar sekolah untuk di isi dengan hal-hal yang bermanfaat dan berfaedah guna mencapai suatu pencapaian dengan hasil yang baik. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu untuk 1) Mengetahui bagaimana penggunaan waktu belajar di luar sekolah di MTs Darussalam Prabumulih, 2) Mengetahui bagaimana prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Darussalam Prabumulih, 3) Mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan waktu belajar di luar sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Darusalam Prabumulih. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa MTs Darussalam Prabumulih yang berjumlah 117 siswa. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IX. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampling purposive sebanyak 35 siswa. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah penggunaan waktu belajar di luar sekolah dan variabel terikatnya (Y) yaitu prestasi belajar siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yang di analisis dengan statistik, yaitu mean, standar deviasi, TSR dan untuk menganalisis pengaruh antara variabel menggunakan rumus Produck Moment Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan waktu belajar di luar sekolah setelah di analisis dengan rumus mean, standar deviasi, TSR dan destribusi frekuensi dalam kategori sedang, yaitu 21 orang (60%) menyatakan demikian. Sedangkan responden yang menyatakan tinggi adalah 8 orang (22,86%), dan menyatakan rendah adalah 6 orang (17,14%). Sedangkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Darussalam Prabumulih setelah di analisis dengan rumus mean, standar deviasi, TSR dan destribusi frekuensi dalam kategori sedang,yaitu 33 orang (94,28%) menyatakan demikian. Sednagkan responden yang menyatakan tinggi adalah 2 orang (0,27%), dan yang menyatakan rendah tidak ada (0%). Pengaruh antara penggunaan waktu belajar di luar sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Darussalam Prabumulih setelah di analisis dengan rumus Produck Moment pada tabel “r” Produck Moment didapatkan angka Df = 33 pada taraf signifikansi (5%) adalah 0,325 dan taraf signifikansi 1% adalah 0,418. Dan hasilnya ternyata yang besarnya 0,561 adalah lebih besar dari r tabel pada taraf signifikansi (5% ) maupun pada taraf signifikansi 1% untuk lebih jelasnya dapat dilambangkan sebagai berikut : (0,325 ˂ 0,561 ˃ 0,418). Melihat data di atas, maka pengaruh penggunaan waktu belajar di luar sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Darussalam Prabumulih pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf 1% tergolong signifikan. Oleh karena itu, maka hipotesis Ha diterima dan hipotesis ditolak
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 07:06 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 07:06 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12358 |
Actions (login required)
View Item |