PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP PENINGKATAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII DI MTs PATRA MANDIRI PLAJU PALEMBANG

SUAIBAH, SUAIBAH (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP PENINGKATAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII DI MTs PATRA MANDIRI PLAJU PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SUAIBAH (13222096).pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran Guided Inquiry merupakan suatu pembelajaran yang terpusat pada peserta didik agar lebih aktif belajar. Pada model pembelajaran Guided Inquiry ini hampir semua sintaks untuk memperkuat pembentukan sikap ilmiah peserta didik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajan Guided Inquiry terhadap peningkatan sikap ilmiah siswa pada mata pelajaran IPA.Penelitian ini dilaksanakan di MTs Patra Mandiri Plaju Palembang pada 21 Agustus sampai 28 Agustus 2017. Metode penelitianyang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experimental Design dalam bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas VII MTs Patra Mandiri Plaju Palembang yang terdiri dari 5 kelas yang berjumlah 185 siswa. Pengambilan sampel digunakan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini kelas VII E sebagai eksperimen berjumlah 39 dan kelas VII D sebagai kelas kontrol berjumlah 36 siswa. Pada proses pembelajaran, kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan model Guided Inquiry dan kelas kontrol diajarkan dengan model Cooperative Learning tipe Diskusi. Instrumen pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah non tes berupa angket dan observasi sikap ilmiah siswa. Sedangkan, panduan instrumen tersebut telah divalidasi oleh 2 pakar yakni 1 dosen dan 1 guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa N-gain rata-rata kelas eksperimen adalah 0,56 yang termasuk kategori sedang dan N-gain rata-rata untuk kelas kontrol 0,30 yang termasuk kategori rendah. Analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung = 3,840 sedangkan ttabel = 1,993 terlihat bahwa thitung> ttabel. Oleh karena itu, (Ha) diterima dan (H0) ditolak, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Guided Inquiry terhadap peningkatan sikap ilmiah siswa pada mata pelajaran IPA di MTs Patra Mandiri Plaju Palembang. Dengan meningkatkan sikap iilmiah peserta didik, dapat mengoptimalkan pemahaman, pengetahuan, sikap serta keterampilan peserta didik dalam proses pembelajaran IPA. Kata Kunci: Model Pembelajaran Guided Inquiry; Sikap Ilmiah Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:10
Last Modified: 27 Sep 2021 07:10
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12398

Actions (login required)

View Item View Item