MARLENI, MARLENI (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MATERI SEL KELAS XI DI MAN 2 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
SKRIPSI MARLENI.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan sebagai salah satu sistem yang menjawab tuntutan ini juga mengalami perubahan seiring dengan perkembangan zaman, perubahan ini terkait dengan proses pembelajaran yang berlangsung di dalam kelas. Model Problem Based Learning merupakan pembelajaran yang dilakukan dengan menghadapkan siswa pada permasalahan yang nyata pada kehidupan sehari-hari, sehingga siswa dapat menyusun pengetahuannya sendiri dalam memecahkan masalah dan mengupayakan berbagai macam solusinya, yang mendorong siswa untuk berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning, untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa, dan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sel di kelas XI MAN 2 Palembang. Rancangan penelitian ini menggunakan desain Preetest-Postest Only Control Design dengan metode Quasi-Experimental design. Sampel penelitian berjumlah 84 siswa. Berdasarkan hasil analisis, kemampuan berpikir kreatif siswa menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning lebik baik dari pada kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan uji t, kemampuan berpikir kreatif siswa menunjukkan thitung = 4.770 sedangkan ttabel dengan
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 07:23 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 07:23 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12431 |
Actions (login required)
View Item |