KONSEP GURU SEBAGAI PENDIDIK DALAM AL-QUR’AN SURAT AR-RAHMAN AYAT 1-4 PERSPEKTIF TAFSIR TARBAWI

PUTRI UTAMI, DIAH (2017) KONSEP GURU SEBAGAI PENDIDIK DALAM AL-QUR’AN SURAT AR-RAHMAN AYAT 1-4 PERSPEKTIF TAFSIR TARBAWI. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Skripsi Diah Putri Utami (13210066).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Guru dalam pendidikan Islam mempunyai kedudukan yang tinggi. Tugas pendidik dalam pandangan Islam secara umum ialah mendidik, yaitu mengupayakan seluruh potensi anak didik, baik potensi kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Potensi ini harus dikembangkan secara seimbang sampai ke tingkat yang paling optimal. Seorang guru tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan (transfer of knowladge) tetapi juga sebagai pendidik yang membentuk akhlak dan kepribadian sehingga menjadi manusia yang baik Insan Kamil. Tujuan pokok dan utama dari pendidikan Islam adalah mendidik budi pekerti, pendidikan jiwa dan untuk membentuk kepribadian yang muslim, yakni bertakwa kepada Allah SWT. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini meliputi; 1) Bagaimana konsep guru sebagai pendidik dalam Al-Qur‟an surat Ar-Rahman ayat 1-4 perspektif tafsir tarbawi?, 2) Bagaimana konsep oprasional guru sebagai pendidik dalam surat Ar-Rahman ayat 1-4 pada pendidikan Islam?. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui konsep guru sebagai pendidik dalam Al-Qur‟an surat Ar-Rahman ayat 1-4 perspektif tafsir tarbawi. Penelitian ini difokuskan pada tafsir-tafsir dan hadis tentang pendidikan terkhusus pada tafsir tarbawi. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library reseach) yakni berusaha untuk menguraikan secara konseptual tentang berbagai hal yang berkaitan dengan konsep guru sebagai pendidik dalam Al-Qur‟an surat Ar-Rahman ayat 1-4 perspektif tafsir tarbawi. Adapun metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode analisis data menggunakan metode Tahlili. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, pertama, konsep guru sebagai pendidik dalam al-Qur‟an surat Ar-Rahman ayat 1-4 perspektif tafsir tarbawi meliputi 1) Konsep kepribadian, yaitu guru sebagai seorang pendidik harus baik kepribadiannya. 2) Konsep pengetahuan, yaitu guru sebagai seorang pendidik harus berilmu pengetahuan yang luas dan menguasai materi pelajaran. 3) Konsep membentuk dan mengembangkan potensi, yaitu guru sebagai seorang pendidik harus data membentuk/mengembangkan potensi anak didiknya menjadi Insan Kamil. 4) Konsep keahlian berinteraksi, yaitu guru sebagai seorang pendidik harus mahir berinteraksi pada anak didiknya dalam menyampaikan materi pelajarannya. Implementasi AlQur‟an surat Ar-Rahman ayat 1-4 dalam pendidikan Islam diantaranya: 1) Mendidik dengan kasih sayang, yang meliputi unsur ikhlas, demokratis, kelembutan dan tenggang rasa terhadap anak didik. 2) Menguasai materi ajar, sebagai seorang guru harus mempersiapkan dan menguasai materi sebelum memulai proses pembelajaran. 3) Memperbaiki akhlak dan kepribadian, karena seorang guru tidak terbatas pada transfer pengetahuan tetapi juga membentuk kepribaddian dan mengajarkan nilainilai syari‟at kepada peserta didik. 4) Mengembangkan wawasan dan kecerdasan, seorang guru harus mengembangkan wawasan dan kecerdasan peserta didiknya dengan berinteraksi dan menggali potensinyang ada di dalam dirinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:24
Last Modified: 27 Sep 2021 07:24
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12442

Actions (login required)

View Item View Item