POLA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH YAYASAN BINA AUTIS MANDIRI PALEMBANG

WINANDA, WINANDA (2018) POLA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH YAYASAN BINA AUTIS MANDIRI PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
WINANDA.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Anak berkebutuhan khusus sebagai anak yang memerlukan pendidikan dan layanan khusus untuk mengembangkan potensi melalui layanan pendidikan,khususny pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Pendidikan tidak hanya dibutuhkan oleh anak-anak normal saja melainkan pendidikan juga dibutuhkan oleh anak-anak berkebutuhan khusus seperti anak-anak penyandang autis. Melalui pola dan strategi pembelajaran yang menarik dapat membuat peserta didik tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menegtahui bagaimana pola pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah Yayasan Bina Autis Mandiri Palembang, bagaimana strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah Yayasan Bina Autis Mandiri Palembang, serta bagaimana program-program Pendidikan Agama Islam di sekolah Yayasan Bina Autis Mandiri Palembang, Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi sumber dan metode. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan model Miles dan Huberman yaitu, reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pola pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah Yayasan Bina Autis Mandiri Palembang mengikuti kurikulam 2013 dengan modifikasi guru. Pola pengajaran di sekolah ini bersifat khusus yang disebut dengan pembelajaran individual dan menggunakan pendekatan perkemampuan anak dengan menyesuikan situasi dan kondisi anak. Materi yang disampaikan ditekankan pada materi yang bersifat praktis sesuai dengan kemampuan siswa serta memberikan materi yang ringan, berusaha mengerti akan keadaan dan kemampuan anak didik. Metode yang digunakan metode ceramah dan demonstrasi. Beberapa media yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran antara lain, media gambar, puzzle, Infokus, MP3, dan sebagainya. Sedangkan Strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diterapkan di SMALB Autis Harapan Mandiri Palembang antara lain strategi pembelajaran komunikasi efektif. Strategi komunikasi efektif menekankan pada keefektifan guru dalam berkomunikasi dengan siswa secara berulang-ulang. Adapun kendala yang sering dihadapi dari guru ialah dalam hal komunikasi dan segi bahasa karena terkait dengan anak berkebutuhan khusus. Evaluasi yang dilakukan guru berbentuk ujian tertulis, ujian praktek, ujian mid semester dan ujian akhir semester. Selanjutnya Program Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan di sekolah SMALB Autis Harapan Mandiri Palembang yaitu Program BTA yang dilaksanakan sebelum memulai pembelajaran formal di pagi hari mulai dari jam 07.30-08.00. muraja’ah hapalan yang dilaksanakan sebelum sholat dzuhur,, Dan melaksanakan sholat dzhuhur berjama’ah. Tujuan dari program-program tersebut ialah agar siswa dapat mengetahui tentang agama seperti cara sholat yang benar, dan sebagainya, sehingga walaupun mereka anak berkebutuhan khusus dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:29
Last Modified: 27 Sep 2021 07:29
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12456

Actions (login required)

View Item View Item