PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN TIGA DIMENSI JENIS SPESIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA PALEMBANG

SEPTI, HADISTIA MARDATHILA (2018) PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN TIGA DIMENSI JENIS SPESIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SEPTI HADISTIA MARDATHILA 10270030.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Tiga Dimensi Jenis Spesimen terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Peljaran IPA Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Palembang. Alasan peneliti membahas tentang masalah tersebut karena penerapan media pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Palembang masih kurang, guru masih bingung dalam mencocokkan materi dengan medianpembeljaran yang akan digunakan sehingga proses pembelajaran disekolah terkesan monoton. Sehingga peneliti berminat untuk mengadakan penelitian dengan menerapkan media pembelajaran tiga dimensi jenis spesimen untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menerapkan media pembelajaran tiga dimensi jenis spesimen di MI Nurul Huda Palembang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh penerapan media pembelajaran tiga dimensi jenis spesimen terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Palembang ? Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 17 orang, yaitu siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Palembang yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes (pretest dan posttest). Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah analisa uji test “t”. Dari analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan yaitu: pertama penerapan media pembelajaran tiga dimensi jenis spesimen pada mata pelajaran IPA kelas IV di MI Nurul Huda Palembang dapat dikatakan baik dengan melihat hasil observasi siswa yang menunjukkan hasil persentase rata-rata siswa yang tergolong sangat baik 18%, tergolong baik 29%, tergolong cukup 35%, tergolong kurang 12%, dan yang tergolong sangat tidak baik sebanyak 6%. Kedua hasil belajar siswa kelas IV di MI Nurul Huda Palembangsebelum diterapkan media pembelajaran tiga dimensi jenis spesimen (pretest) memiliki rata-rata nilai yaitu 35,29 sedangkan hasil belajar siswa setelah diterapkan media pembelajaran tiga dimensi jenis spesimen (posttest) memiliki rata-rata 78.82. Ketiga dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan perhitungan uji “t” didapat perhitungan (to = 10,71) dan besarnya “t” yang tercantum pada Tabel Nilai t (ttts5% = 2,12 dan ttts1% = 2,92) maka dapat diketahui bahwa to adalah lebih besar dari pada tt yaitu 2,12 < 10,71 > 2,92.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:31
Last Modified: 27 Sep 2021 07:31
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12469

Actions (login required)

View Item View Item