PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI MAN 1 PALEMBANG

ASTUTI, ASIA (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI MAN 1 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Skripsi Lengkap.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe time token, untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa, dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe time token terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran biologi kelas XI MAN 1 Palembang. Rancangan penelitian ini menggunakan desain control group pretest-posttest design dengan metode Quasi-Eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 66 siswa. Berdasarkan hasil analisis, kemampuan berpikir kreatif siswa menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe time token lebih baik dari pada kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan uji t, kemampuan berpikir kreatif siswa menunjukan thitung= 3,121 sedangkan ttabel dengan α = 5% dan dk = 66 – 2 = 64 diperoleh hasil 1,670, karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini diperkuat dengan hasil uji n-gain, kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen sebesar 0,773 (tinggi) sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,675 (sedang). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, model pembelajaran kooperatif tipe time token berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:33
Last Modified: 27 Sep 2021 07:33
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12495

Actions (login required)

View Item View Item