PENGARUH PENDEKATAN CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK TEMA 2 SUB TEMA 1 SISWA KELAS IV MI NURUL HIDAYAH PALEMBANG

mushrindha, meyka (2018) PENGARUH PENDEKATAN CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK TEMA 2 SUB TEMA 1 SISWA KELAS IV MI NURUL HIDAYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini yang berjudul “Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar Tematik Tema 2 Siswa Kelas IV MI Nurul Hidayah Palembang”. Adapun masalah di dalam penelitian ini adalah pertama, Bagaimana hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran tematik tema 2 sub tema 1 kelas IV di MI Nurul Hidayah Palembang? yang kedua, hasil belajar siswa yang tidak menggunkan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran tematik tema 2 sub tema 1 kelas IV di MI Nurul Hidayah Palembang? yang ketiga, Apakah ada pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar tematik tema 2 sub tema 1siswa kelas IV di MI Nurul Hidayah Palembang?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh setelah diterapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar tematik tema 2 sub tema 1siswa kelas IV di MI Nurul Hidayah Palembang. Adapun metodologi pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, tes (post-tes), dokumentasi dan wawancara. Sampel dari penelitian ini yaitu kelas IV.A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 23 siswa dan kelas IV.B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 22 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun penelitian yang dilakukan ini menggunakan penelitian eksperimen True�eksperimental design bentuk posttest-only control design. Teknik Analisis data yang digunakan dalam analisis data adalah menggunakan Uji “to”. Untuk menjawab rumusan masalah maka teknis analisis data yang digunakan adalah uji “T” yang mana jika (thitung ttabel) Ho ditolak dan Ha diterima maka ada perbedaan yang signifikan dan jika (thitung ttabel) Ho diterima dan Ha ditolak maka tidak ada perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IV.A (kelas eksperimen) dengan kelas IV.B (kelas kontrol). Hal ini terlihat dari hasil hipotesis “to”= 3, 704 lebih besar dari tt (baik pada taraf signifikan 5% = 2,02 dan 1%=2,66 ), dengan rincian 2,66 , maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Berarti hal ini membuktikan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar setelah penerapan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar tematik tema 2 sub tema 1 siswa kelas IV di MI Nurul Hidayah Palemban

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:34
Last Modified: 27 Sep 2021 07:34
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12497

Actions (login required)

View Item View Item