Dahlia, Putri (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI ANTARA TEKNIK JIGSAW DENGAN TEKNIK STAD (STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION) PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PANGKALAN LAMPAM KABUPATEN OKI. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
putri dahlia (10222033).pdf Download (645kB) | Preview |
Abstract
Perbandingan Hasil belajar Biologi Siswa dengan Pendekatan Cooperative Learning Teknik Jigsaw dengan Teknik STAD (Sebuah Eksperimen di SMP NEGERI 1 Pangkalan Lampam Kabupaten OKI). Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Raden Fatah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan pendekaan pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning) teknik jigsaw dan STAD. Penelitian ini dilaksanakan di SMP NEGERI 1 Pangkalan Lampam. Pengambilan sampel penelitian berjumlah 64 orang dari SMP NEGERI 1 Pangkalan Lampam pada kelas VIII A dan kelas VIII B sebagai subjeknya. Pengambilan data hasil belajar dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar (40 item) serta lembar observasi terhadap penerapan kedua teknik pembelajaran tersebut. Analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 1,99. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis pretest dengan menggunakan rumus uji-t bahwa t hitung < t tabel (0,79 < 1,99), hal ini bearti hipotesis H0 diterima dan Ha ditolak sedangkan dilihat dari hasil analisis posttest t hitung< t tabel (0,43 < 1,99), hal ini bearti hipotesis H0 diterima dan Ha ditolak. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan antara hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw dan teknik STAD, dengan nilai rata-rata (mean) gain kelas VIII A yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dari hasil analisis pretest yaitu 43,78 dan nilai rata-rata (mean) gain dari hasil analisis posttest yaitu 66,71 sedangkan kelas VIII B yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran kooperatif teknik STAD dari hasil analisis pretest yaitu 46,25 dan nilai rata-rata (mean) gain dari hasil analisis posttest yaitu 67,81 maka dapat dikatakan bahwa hasil belajar kelas yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran kooperatif teknik STAD lebih baik dibandingkan dengan kelas yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran kooperatif teknik jigsaw. Kata kunci: Cooperative learning teknik jigsaw, cooperative learning teknik STAD, pendekatan
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 07:42 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 07:42 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12512 |
Actions (login required)
View Item |