PERAN DAN PENGABDIAN HAJI MUHAMMAD YUSUF BIN HAJI ALIBIDIN DALAM PERKEMBANGAN ISLAM DI DESA NGULAK KECAMATAN SANGA DESA KABUPATEN MUSI BANYUASIN

LESTA, LESI PARLIA (2019) PERAN DAN PENGABDIAN HAJI MUHAMMAD YUSUF BIN HAJI ALIBIDIN DALAM PERKEMBANGAN ISLAM DI DESA NGULAK KECAMATAN SANGA DESA KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Motto Lessy-dikonversi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (936kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (232kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Peran dan Pengabdian Haji Muhamad Yusuf bin Haji Alibidin dalam Perkembangan Islam di Desa Ngulak, Kecamatan Sanga Desa, Kabupaten Musi Banyuasin” bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi geografi, sosial, budaya dan ekonomi Desa Ngulak, biografi Haji Muhammad Yusuf bin Haji Alibidin, dan peranan serta pengabdiannya dalam perkembangan Islam di Desa Ngulak, Kecamatan Sanga Desa, Kabupaten Musi Banyuasin (1831-1956 M). Dalam penelitian ini menggunakan metode historis yaitu proses pengujian dan menganalisa secara kritis rekaman dan peninggalan masa lampau yang mana data utama diperoleh dari wawancara terhadap zuriyat Haji Muhammad Yusuf dan di dukung dari penemuan-penemuan berupa dokumen dan benda-benda artefak. Penelitian ini terdiri dari beberapa tahap, yaitu heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Penelitian ini merupakan studi lapangan yang mengunakan jenis penelitian kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Haji Muhammad Yusuf atau Puyang Dukun lahir di Desa Ngulak pada tahun 1831 M, wafat tahun 1956 M dan di makamkan di Desa Kelurahan Ngulak. Ayahnya Haji Alibidin dan ibunya Hajjah Roqina. Pada tahun 1856 ia mulai mendakwahkan Islam di tanah kelahiranya. Ia di kategorikan sebagai ulama bebas yang memiliki peran baik dalam bidang dakwah, sosial, politik dan pengobatan. Adapun Metode dakwah Islam yang disampaikan kepada masyarakat Desa Ngulak ialah masih bersifat tradisional, yaitu dengan memanfaatkan masjid atau di rumah sebagai tempat berlangsungnya pembelajaran mengenai tulis baca Alqur’an. Mengingat dalam hal ini, Haji Muhammad yusuf tidak mendirikan pesantran sebagai tempat berlangsungnya transfer ilmu keislaman. Kata Kunci: Desa Ngulak, biografi Haji Muhammad Yusuf bin Haji Alibidin “Puyang Dukun”, peran dan Pengabdian.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 900 Sejarah dan Geografi > Sejarah (Umum)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > 80230 - Sejarah Peradaban Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:42
Last Modified: 27 Sep 2021 07:42
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12515

Actions (login required)

View Item View Item