PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NAHDLATUL ULAMA PALEMBANG

septiani, novi (2018) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NAHDLATUL ULAMA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
NOVI SEPTIANI (13210328).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kompetensi Profesional adalah guru yang harus memiliki pengetahuan yang luas atas subject matter (bidang studi) yang akan diajarkan, serta menguasai metodologi, dalam arti memiliki konsep teoretis dan memilih metode dalam proses belajar mengajar. Mulyasa menyatakan bahwa proses pembelajaran dan pembentukan kompetensi dapat efektif apabila seluruh siswa terlibat secara aktif baik mental, fisik, maupun sosialnya. Pendapat mulyasa sejalan dengan Freinberg dan Driscoll yang menyatakan bahwa tumbuhnya motivasi belajar disebabkan karena konteks dan iklim pembelajaran yang menyenangkan, keterlibatan siswa berjalan aktif secara fisik, mental, dan emosional perlu dikelola dengan baik oleh guru. Penelitian ini berjudul “Kompetensi Profesional Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMA Nahdlatul Ulama Palembang”. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang bagaimana kompetensi professional guru PAI di SMA Nahdlatul Ulama Palembang, bagaimana motivasi belajar peserta didik di SMA Nahdlatul Ulama Palembang, dan pengaruh kompetensi professional guru PAI terhadap motivasi belajar peserta didik di SMA Nahdlatul Ulama Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini ada dua, yaitu sumber data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan angket. Adapun populasi yang diambil adalah semua peserta didik di SMA Nahdlatul Ulama Palembang, yaitu sebanyak 355 orang, dengan sampel yang diambil sebanyak 53 orang. Cara pengambilan sampel dengan cara acak (random sampling). Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif. Untuk menganalisa data yang ada menggunakan indeks korelasi kontigensi dengan rumus chi kuadrat. Adapun hasil penelitian yang diperoleh Dari hasil observasi dapat diketahui bahwa kompetensi guru PAI di SMA Nahdlatul Ulama Palembang sudah berjalan dengan baik walaupun ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan, yang mana guru pada mata pelajaran PAI di SMA Nahdlatul Ulama Palembang masih mengandalkan metode yang tradisional dan konfesional belum memanfaatkan teknologi pembelajaran yang sudah ada. Sedangkan dalam penguasaan materi PAI untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui pendidikan, pelatihan, dan peningkatan materi secara mandiri sudah cukup baik. Motivasi belajar peserta didik di SMA Nahdlatul Ulama Palembang sudah cukup baik, hal ini dapat dilihat dari semangat belajar peserta didik dalam mendengarkan intruksi dari guru, dan mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh guru. Hal ini didukung juga dengan hasil angket yang didapat dari responden. Bahwa hasil nilai korelasi sebesar 0,8871 lebih kecil dari 0,279 dan 0,361, yang ditulis dengan 0,279 < 0,8871 > 0,361. Sehingga dengan demikian kesimpulannya adalah Ha : diterima, yaitu berbunyi bahwa terdapat pengaruh kompetensi professional guru PAI terhadap motivasi belajar peserta didik di SMA Nahdlatul Ulama Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:50
Last Modified: 27 Sep 2021 07:50
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12520

Actions (login required)

View Item View Item