PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI BIOLOGI KELAS XI DI SMA NURUL IMAN PALEMBANG

SALAMAH, SELFI (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI BIOLOGI KELAS XI DI SMA NURUL IMAN PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SELFI SALAMAH 12222099.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran biologi adalah pembelajaran yang sulit untuk dikuasai oleh karena itu membutuhkan model pembelajaran yang menarik, seperti model pembelajaran TPS. Model pembelajaran TPS adalah memberikan kesempatan kepadasiswauntuk bekerjasendiri dan bekerjasama dengan orang lain. Selainitu, penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran TPS terhadap penguasaan konsep siswa pada materi sistem ekskresi kelas XI IPA di SMANurulIman Palembang. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran TPS sebagai variabel bebas dan penguasaan konsep sebagai variabel terikat. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA II sebagai kelas kontrol.Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen denganrancanganpenelitian Nonequivalentcontrol groups Design, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalahwawancara, tes tulis (pretestpostest)dandokumentasi. Tes tulis (pretest-postest) digunakan untuk melihat kemampuan penguasaan konsep siswa setelah diterapkan model pembelajaran TPS. Analisis data tes menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5 %. Berdasarkan uji hipotesis data kelas kontrol dan kelas eksperimen maka diperoleh nilai sig0,000 < 0,05, berbeda signifikan. Nilaipostestkelaseksperimensecara keseluruhan dapat dikatakan sangat baik, dengan perolehan rata-rata 84,00, sedangkan hasil nilai rata-rata kelas kontrolsebesar 73,17.Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran TPS terhadap penguasaan konsep siswa pada materi sistem ekskresi kelas XI IPA di SMANurulIman Palembang. Kata Kunci : Model Pembelajaran TPS; Penguasaan Konsep Siswa; Sistem Ekskresi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:51
Last Modified: 27 Sep 2021 07:51
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12524

Actions (login required)

View Item View Item