ANALISIS MANAJEMEN WAKTU BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 10 PALEMBANG

FEBRIATI, NURUL SYAMSYIAH (2017) ANALISIS MANAJEMEN WAKTU BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 10 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURUL SYAMSYIAH FEBRIATI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengambil judul “Analisis manajemen waktu belajar siswa kelas VIII 2 di SMP Negeri 10 Palembang”. Rumusan masalah didalam skripsi ini adalah bagaimana analisis manajemen waktu belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Palembang? Faktor apa saja yang mempengaruhi manajemen waktu belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Palembang ? Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana manajemen waktu belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Palembang, dan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi manajemen waktu belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Palembang. Adapun jenis data dalam penelitian ini adalah jenis penelitian Field research (penelitian lapangan), dan juga data yang bersifat kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan menjelaskan, menerangkan dan menguraikan pokok permasalahan yang hendak dibahas dalam penelitian ini kemudian ditarik kesimpulan secara deduktif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder. Data primer dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan guru, sedangkan data sekundernya yaitu sejumlah data penunjang berupa literatur buku, observasi dan dokumentasi. Untuk pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Analisis manajemen waktu belajar kelas VIII di SMP Negeri 10 Palembang dilihat dari hasil wawancara kepada guru, siswa, dan hasil observasi menunjukan bahwa para siswa sudah menetapkan tujuan, menyusun jadwal, menyusun prioritas, bersikap asertif, menghindari penundaan , dan meminimumkan waktu terbuang. Artinya siswa sudah melakukan pengelolaan waktu sesuai dengan aspek-aspek manajemen waktu tetapi masih belum maksimal dalam penempatkan waktu mereka dalam kegiatan atau aktivitas seharihari. Faktor yang mempengaruhi manajemen waktu belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Palembang, Faktor pendukungnya seperti usia, jenis kelamin, mampu merencanakan tujuan, dan mampu membedakan mana kegiatan yang lebih diutamakan atau tidak. Dan faktor penghambatnya seperti siswa yang tidak mampu mengelola waktunya dengan maksimal, karena siswa hanya bisa merencanakan, menyusun jadwal saja, tetapi belum mampu melaksanakan kegiatan sesuai dengan yang direncanakan. Kata Kunci : Manajemen Waktu Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:51
Last Modified: 27 Sep 2021 07:51
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12527

Actions (login required)

View Item View Item