PENGARUH GAYA MENGAJAR INTERAKSIONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MAN I PALEMBANG

AGUSTINA, NANI (2017) PENGARUH GAYA MENGAJAR INTERAKSIONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MAN I PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Nani Agustina 13210188.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Gaya mengajar sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran karena gaya mengajar dapat membantu guru, dan juga sebagai salah satu komponen untuk mempermudah guru dalam menyampaikan materi yang akan disampaikan dan memudahkan para siswa dalam menyerap materi pelajaran dalam proses belajar, sehingga tujuan pembelajaran tercapai secara edukatif dan mudah dipahami. Pada proses pembelajaran gaya mengajar sangat erat kaitannya dengan motivasi karena motivasi dapat mendorong siswa untuk memahami pembelajaran dengan baik. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti di MAN I Palembang pada tanggal 16 Agustus 2017, diketahui bahwa tingkat motivasi siswa tergolong rendah karena guru hanya menggunakan metode ceramah. Untuk meningkatkan motivasi belajar tersebut, perlu dilakukan penerapan gaya mengajar agar dapat membuat siswa tertarik mengikuti proses belajar dan materi yang disampaikan dapat diterima dan siswa tidak bosan, yang dalam hal ini peneliti menggunakan gaya mengajar interaksional guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar interaksional guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MAN I Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian true eksperimental dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen. Jumlah seluruh subjek penelitian sebanyak 60 orang. Data dikumpulkan dengan melakukan penyebaran angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar siswa kelas kontrol dan eksperimen. Motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen dikategorikan sedang. Hal ini dapat kita lihat dari hasil penyebaran angket pada 30 orang siswa, siswa yang dikategorikan memiliki motivasi tinggi berjumlah 7 orang (23,3%), yang dikategorikan sedang berjumlah 21 orang (70%), dan yang dikategorikan rendah berjumlah 2 orang (6,6%). Sedangkan motivasi belajar siswa pada kelas kontrol dikategorikan rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil penyebaran angket pada 30 orang siswa, siswa yang dikategorikan memiliki motivasi belajar tinggi berjumlah 5 orang (16,6%), yang dikategorikan sedang berjumlah 9 orang (30%), dan yang dikategorikan rendah berjumlah 16 orang (53,3%). Setelah dilakukan analisa data, maka dapat diketahui bahwa motivasi belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada motivasi belajar siswa kelas kontrol. Hasil analisis data penyebaran angket dengan menggunakan rumus Uji-t menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu (2,00 < 8,0 > 2, 65). Oleh karena itu, Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini berarti terdapat pengaruh gaya mengajar interaksional guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MAI I Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:52
Last Modified: 27 Sep 2021 07:52
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12543

Actions (login required)

View Item View Item