RAHMASYITHA, RAHMASYITHA (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MADRASAH IBTIDAIYAH AHLIYAH 2 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
RAHMASYITHA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Berhasil atau tidaknya suatu pendidikan ini salah satunya tergantung dari bagaimana cara guru mendidik siswanya. Guru mempunyai tujuan agar materi pelajaran dapat dipahami oleh seluruh siswa yang diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Ahliyah 2 Palembang. Rumusan masalah dalam penelitian ini: Bagaimana minat belajar siswa sebelum penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada Mata Pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Ahliyah 2 Palembang? Bagaimana minat belajar siswa setelah penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada Mata Pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Ahliyah 2 Palembang? Bagaimana Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Ahliyah 2 Palembang? Skripsi ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 101 orang, yaitu siswa kelas IV di MI Ahliyah 2 Palembang yang terdiri dari 53 orang laki-laki dan 48 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes (pretest dan posttest). Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah analisa uji test ”t”. Dari analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan yaitu: minat belajar siswa kelas IVB di MI Ahliyah 2 Palembang sebelum menggunakan model pembelajaran CIRC tergolong sedang dengan presentase 78 %. Diikuti dengan minat belajar siswa yang tergolong tinggi sebanyak 9%, dan tergolong rendah sebanyak 13%. Hal ini dapat dilihat dari hasil angket minat belajar siswa pada saat pretest. Sedangkan untuk minat belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran CIRC tergolong sedang dengan presentase 61 %. Diikuti dengan minat belajar siswa yang tergolong tinggi sebanyak 13%, dan tergolong rendah sebanyak 13%. Hal ini dapat dilihat dari hasil angket minat belajar siswa pada saat posttest. Dari analisis data minat belajar siswa di MI Ahliyah 2 Palembang, terjadi peningkatan atau lebih baik jika dibandingkan dengan minat belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran CIRC. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan perhitungan uji t yaitu: perhitungan (to = 2,530) dan besarnya “t” yang tercantum pada Tabel Nilai t (ttts5% = 2,07 dan ttts1% = 2,82) maka dapat diketahui bahwa to adalah lebih besar dari pada tt yaitu 2,530 > 2,07.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 28 Sep 2021 01:58 |
Last Modified: | 28 Sep 2021 01:58 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12547 |
Actions (login required)
View Item |