Solikhah, Navisatu (2017) PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 TELADAN PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
(13270074)NAVISATU SOLIKHAH.pdf Download (14MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi atas upaya pemerintah dalam membangun pendidikan yang lebih baik. Salah satu upaya tersebut melalui pengemabagan kurikulum 2006 atau Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) ke Kurikulum 2013 membawa dampak perubahan. Salah satu perubahanya terletak pada Standar Penilaian karena sejatinya penilaian merupakan bagaian yang tidak dapat dipisahkan dari proses belajar mengajar. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan 1).Bagaimana perencanaan penilaian autentik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Teladan Palembang, (2).Bagimana pelaksanaan penilaian autentik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Teladan Palembang, 3) Apa kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan penilaian autentik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Teladan Palembang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk membuat deskripsi atau gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta–fakta yang ada. Subjek penelitian ini adalah guru kelas I, II, III, IV, V, dan VI. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Semua data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data yang terdiri dari tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh informasi bahwa 1).Perencanaan penilaian autentik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri I teladan Palembang yang dibuat oleh enam guru terdapat empat guru yang sudah membuat rencana penilaian yang mengacu pada indikator komponen penilaian dalam merencanakan penilaiana autentik dan terdapat dua guru yang masih belum lengkap dalam merencanakan komponen penilaian 2).Pelaksanaan penilaian autentik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Teladan Palembang yang dilaksanakan oleh guru masih belum sepenuhnya mengacu pada indikator pelaksanaan penilaian, serta pelaksanaan penilaian tidak terlaksana secara tuntas karena banyaknya komponen yang harus dikontrol secara bersamaan yaitu a).aktivitas siswa dalam penguasaan pengetahuan, b).perkembangan sikap, c).keterampilan, dan penilaian tidak terlaksana karena guru tidak membuat alat penilaian yang seharusnya tercantum di dalam RPP. 3) kendala yang dihadapi guru yaitu a). Dari segi waktu dalam perencanaan guru membutuhkan banyak waktu karena banyak komponen penilaian yang harus dibuat, dan dalam pelaksanaan harus membagi waktu antara mengajar dan menilai b). Guru harus menilai siswa secara detail dengan jumlah siswa yang banyak c) kemampuan anak yang masih memerlukan bimbingan d).Terkendala dari kemampuan guru dalam membuat alat penilaian karena alat penilaian yang dibuat akan berpengaruh terhadap pelaksanaan penilaian autentik didalam kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 07:53 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 07:53 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12560 |
Actions (login required)
View Item |