PERBEDAAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE THE FIRING LINE DAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS VIII DI SMP NEGERI 39 PALEMBANG

DAMAYANTI, RIKA (2017) PERBEDAAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE THE FIRING LINE DAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS VIII DI SMP NEGERI 39 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
RIKA DAMAYANTI (12222090).pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe the firing line dan index card match terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia. Strategi Pembelajaran aktif tipe the firing line diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 39 Palembang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen menggunakan jenis true eksperimen dengan rancangan “Pretest-posttest Control group Design”, yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen mengunakan strategi pembelajaran aktif tipe the firing line, sedangkan kelas kontrol menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe index card macth. Tes dilakukan sebelum perlakuan (pretest) dan sesudah perlakuan (posttest). Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka pada penelitian ini menggunakan teknik analisis uji T. Dari hasi uji t didapatkan (α = 0,05) yang menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe the firing line dan index card match pada materi sistem pernapasan manusia kelas VIII di SMP Negeri 39 Palembang, karena kelas eksperimen dan kelas kontrol sama-sama menggunakan strategi pembelajaran aktif. Kelas eksperimen menggunakan tipe the firing line dan kelas kontrol menggunakan tipe index card match. Strategi pembelajaran aktif tipe the firing line dan index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Hasil belajar siswa; index card match; strategi pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:53
Last Modified: 27 Sep 2021 07:53
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12561

Actions (login required)

View Item View Item