PENGARUH PENERAPAN MODEL WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL QOMAR PALEMBANG

RAHMAWATI, VIVIN (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL QOMAR PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
vivin rahmawati 14270139.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah dari hasil observasi awal penulis di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Qomar Palembang, bahwa siswa masih kurang menguasai materi pelajaran IPA yang di sampaikan oleh guru pada saat proses pembelajaran, banyaknya siswa yang tidak fokus ketika proses pembelajaran berlangsung, karena guru dalam menjelaskan cenderung bersifat berpusat pada guru (teacher centered), karena itu, berdasarkan rumusan masalah yang telah dibuat, maka tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Untuk mengetahui penerapan model word square terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Qomar Palembang? (2) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar pada mata pelajaran IPA sebelum dan sesudah diterapkan model word square di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Qomar Palembang? (3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model word square terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Qomar Palembang? Metodologi penelitian pada skripsi ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Pre- Ekperimental Design (nondesigns). Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian adalah siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah Nurul Qomar Palembang kelas IV yang terdiri dari 1 kelas dengan jumlah siswa yang berjumlah 9 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non-Probality Sampling karena teknik pengambilan sampel yang tidak memberikan peluang atau kesempatan sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Jadi, seluruh peserta didik kelas IV diambil menjadi sampel untuk di jadikan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah dengan tes Pre-Test dan Post-Test. Teknik analisis data menggunakan statistik tes “t”. Hasil penelitian menunjukkan (1) Hasil belajar siswa sebelum diterapkan model word square mendapat mean sebesar 62. Persentase hasil belajar siswa yang memperoleh skor dengan kategori tinggi terdapat 2 orang siswa dengan nilai 73 ke atas (22,2%), skor dengan kategori sedang terdapat 5 orang siswa dengan nilai 51 sampai 73 (55,55%), skor dengan kategori rendah terdapat 2 orang siswa dengan nilai 51 ke bawah (22,2%). (2) Hasil belajar siswa sesudah diterapkan model word square mendapat mean sebesar 83. Persentase hasil belajar siswa yang memperoleh skor dengan kategori tinggi terdapat 1 orang siswa dengan nilai 90 ke atas (11,1%), skor dengan kategori sedang terdapat 5 orang siswa dengan nilai 80 sampai 90 (55,5%), skor dengan kategori rendah terdapat 3 orang siswa dengan nilai 76 ke bawah (33,3%). (3) Penerapan model word square berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA, hal ini dapat dilihat hasil uji hipotesis menggunakan uji “t” yaitu: perhitungan (to = 9,178) dan besarnya “t” yang tercantum pada Tabel t (tt 5% = 2,31 dan tt 1% = 3,36) maka dapat diketahui bahwa to lebih

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:54
Last Modified: 27 Sep 2021 07:54
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12596

Actions (login required)

View Item View Item