LISTIANI, ANI (2017) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA PATRA MANDIRI PLAJU. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
ANI LISTIANI 13210033.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
ANI LISTIANI, Implementasi Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MA Patra Mandiri Plaju. Skripsi Palembang: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah UIN Raden Fatah Palembang, 2017. Latar belakang penelitian ini adalah MA Patra Mandiri Plaju merupakan salah satu sekolah di Kabupaten Plaju yang telah menerapkan pendekatan saintifik. Sekolah ini terletak di jalan Dipanjaitan samping Kantor POS Plaju. MA Patra Mandiri Plaju telah menerapkan kurikulum 2013 sejak tahun pembelajaran 2015/ 2016. Pelaksanaan kurikulum di MA Patra Mandiri masih dalam tahap perealisasian sehingga belum dikatakan maksimal, masih banyak problematika yang dialami oleh para guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 khususnya dalam menerapkan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran.Namun realita yang terjadi penyelenggaraan kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran Akidah Akhlak sudah bertahap dilaksanakan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dengan metode pengumpulan data: (1) metode observasi, untuk mendapatkan gambaran tentang Implementasi Pendekatan Saintifik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Patra Mandiri Plaju, (2) metode wawancara, untuk mendapatkan data-data yang berhubungan dengan Implementasi Pendekatan Saintifik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Patra Mandiri Plaju, (3) metode Focus Discassion Group (FGD), untuk menemukan makna sebuah tema menurut pemahaman sebuah kelompok, (4) metode dokumentasi, untuk mengumpulkan data gambaran umum MA Patra Mandiri Plaju. Analisis data adalah analisis kualitatif dengan teknik analisis model interaktif Miles dan dan Huberman yang dilakukan melalui tiga alur kegiatan yang saling berkaitan antara satu dan yang lainnya. Pendektan Saintifik dalam pembelajaran Akidah Akhlak telah bertahap dilaksanakan dengan baik. Dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru menyesuaikan dengan silabus, sesuai dengan materi dan langkah – langkah pembelajaran Strategi guru dalam mengimplementasikan pendekatan saintifik di Madrasah Aliyah Patra Mandiri Plaju adalah dengan mempersiapkan sarana dan prasarana yang menujang terlaksananya tahapan mengamati, menanya, mengeksperimen, mengalar dan mengkomunikasikan selain itu guru selalu memberi motivasi dan pengarahan terhadap siswa agar siswa mampu belajar mandiri dan aktif dalam mengikuti pembelajaran sehingga tercapainya tujuan pembelajaran.Faktor pendukung dan penghambat dalam Mengimplentasikan Pendekatan Saintifik di Madrasah Aliyah Patra Mandiri Plaju antara lain kurangnya sarana prasarana, kurang terampilnya guru dalam mengimplementasikan pendekatan saintifik, dan tidak seluruh siswa fokus dan aktif dalam mengikuti pembelajaran. Adapun dengan adanya Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) menjadi faktor pendukung dalam mengimplementasikan pendekatan saintifik di Madrasah Aliyah Patra mandiri Plaju.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? AZ ?? |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 07:54 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 07:54 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12597 |
Actions (login required)
View Item |