PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY,INTELLECTUALY, REPETITION (AIR)TERHADAPHASIL BELAJAR SISWADI MADRASAH IBTIDAIYAH NAJAHIYAH PALEMBANG

ENA, ENA (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY,INTELLECTUALY, REPETITION (AIR)TERHADAPHASIL BELAJAR SISWADI MADRASAH IBTIDAIYAH NAJAHIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ENA ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang ada di Madrasah Ibtidaiyah sangat menarik sekali jika disampaikan oleh guru dengan model pembelajaran yang inovatif, sedangkan model yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi Ilmu Pengetahuan Alam terkenal model yang konvensional saja. Salah satu model yang inovatif tersebut adalah model pembelajaran auditory, intellectually, repetition (AIR) yaitu model pembelajaan yang terdiri dari tiga tahap yaitu auditory, intellectually, repetition (AIR). Kegiatan yang dilakkan dalam tahap auditory adalah diskusi kelompok dan mengerjakan LKS (lembar kerja siswa). Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok dan membagikan LKS (lembar kerja siswa) kepada setiap siswa, sedangkan siswa secara berkelompok mengerjakan LKS (lembar kerja siswa) dan bertanya mengenai soal LKS yang kurang dipahami pada guru. Kegiatan tahap intellectually adalah mengerjakan LKS dan persentasi hasil diskusi. Guru berperan untuk membimbing kelompok belajar siswa dalam mengerjakan LKS, kemudian memberikan kesempatan kepada kelompok untuk mempersentasikan hasil diskusinya. Tahap repetition berisi dengan kegiatan latihan soal untuk menambah pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari dan didiskusikan.Masalah yang akan diteliti dalam skripsi ini adalah Bagaimana hasil belajar siswa kelas eksperimen sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran auditory, intellectually, repetition (AIR) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang,dan Apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran auditory, intellectually, repetition (AIR) terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang. Analisis dalam skripsi ini adalah menggunakan tes t untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran auditory, intellectually, repetition (AIR). Presentase nilai hasil belajar siawa sebelum diterapkan model pembelajaran auditory, intellectually, repetition (AIR) rata-rata hasil belajar siswa seluruhnya tergolong dalam kategori rendah semua yaitu terdapat 30 0rang siswa ( 100%), sedangkan untuk nilai hasil belajar sesudah diterapkannya model pembelajaran auditory, intellectually, repetition (AIR) dikategorikan tinggi 8 orang siswa (26,7%), sedang 22 orang siswa (73,3%), dan rendah 0. Berdasarkan analisis data dengan rumus tes t adalah nilai perhitungan tes t lebih besar daripada ttabel, baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% dengan rincian 2,04 < 18,7> 2,76 Haditerima dan Ho ditolak. Maka kesimpulan dari penelitian ini yakni terdapat pengaruhmodel pembelajaran auditory, intellectually, repetition (AIR) terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi tentang perubahan wujud benda di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:56
Last Modified: 27 Sep 2021 07:56
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12626

Actions (login required)

View Item View Item