KERJASAMA ORANG TUA DAN GURU PAI DALAM MENANAMKAN NILAI MENGHARGAI PRESTASI ANAK KELAS V SD NEGERI 18 LAWANG KIDUL DI TANJUNG ENIM

Setiawan Jodi, Okta (2015) KERJASAMA ORANG TUA DAN GURU PAI DALAM MENANAMKAN NILAI MENGHARGAI PRESTASI ANAK KELAS V SD NEGERI 18 LAWANG KIDUL DI TANJUNG ENIM. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI OKTA.pdf

Download (824kB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter menjadi salah satu langkah pemerintah untuk mengatasi berbagai persoalan bangsa yang akhir-akhir ini semakin bermunculan. Seseorang yang memiliki karakter kuat dapat dengan mudah mengembangkan potensi dalam dirinya sehingga mampu memajukan bangsanya. Dalam membangun karakter seperti ini harus menjadi tanggung jawab semua pihak, baik itu orang tua dalam mendidik anaknya di rumah tangga, dan khususnya sekolah yang berperan aktif dalam pembentukan karakter. Nilai menghargai prestasi sangat penting dimiliki generasi penerus, ketika nilai ini telah tertanam baik pada diri anak, maka dorongan untuk menjadi yang terbaik akan muncul dengan mudah. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian adalah bagaimana bentuk kerjasama orang tua dan guru PAI, faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung dalam menanamkan nilai menghargai prestasi anak kelas V SD Negeri 18 Lawang Kidul di Tanjung Enim? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana bentuk kerjasama orang tua dan guru PAI, faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung dalam menanamkan nilai menghargai prestasi pada siswa kelas V SD Negeri 18 Lawang Kidul. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif jenis deskriptif, dengan subjek kepala sekolah, guru kelas V, siswa kelas V, guru Agama Islam, dan orang tua siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti dengan pendekatan sosial. Peneliti menguji kredibilitas data melalui triangulasi teknik dan perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerjasama orang tua dan guru PAI dalam menanamkan nilai menghargai prestasi bahwa bentuk kerjasama yang dilakukan dua kali dalam setahun dan melalui surat, adapun peran orang tua dan guru melalui kegiatan pembelajaran, rutin, spontan, keteladanan, dan pengkondisian lingkungan nonfisik belum dilakukan secara kompak dan berkelanjutan oleh para guru. Begitu juga dengan pengkondisian lingkungan fisik, belum dilakukan secara maksimal oleh pihak sekolah. Kesibukan orang tua yang membuat hambatan dalam menanamkan nilai menghargai prestasi dan kekompakan antara guru dan orang tua yang menjadi faktor pendukung dalam menanamkan nilai menghargai prestasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:57
Last Modified: 27 Sep 2021 07:57
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12673

Actions (login required)

View Item View Item