ANALISIS KONSEP KECERDASAN MAJEMUK DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI KELAS V MI AL-ISHLAHIYAH GAUNG ASAM KEC. BELIDA DARAT KAB. MUARA ENIM

KURNIA SARI, DIANA (2017) ANALISIS KONSEP KECERDASAN MAJEMUK DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI KELAS V MI AL-ISHLAHIYAH GAUNG ASAM KEC. BELIDA DARAT KAB. MUARA ENIM. Undergraduate Thesis thesis, UIN raden fatah Palembang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan penelitian studi kasus. Alat pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakanreduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis pembelajaran merupakan langkah awal yang perlu dilakukan sebelum melakukan pembelajaran. Analisis pembelajaran dilakukan dengan menganalisis tuntunan dan kebutuhan belajar siswa yang sangat beragam. Dalam menerapkan pembelajaran berbasis konsep kecerdasan majemukdi MI Al-Ishlahiyah Gaung Asam, pihak sekolah memiliki langkah-langkah yang harus dilakukan dalam persiapan pembelajaran terdiri dari 2tahapan, yaitu mengenali inteligensi siswa dengan menggunakan TIMI (TestInterest Multiple Intelligences) dan menyusun rencana pembelajaran/ lesson planyang dituliskan pada buku khusus milik guru berupa coret-coretan. Aspek yang terdapat pada rencana pembelajaran/ lesson plan tersebut setidaknya meliputi tema, indikator, kegiatan alfa zona, sceene setting, kegiatan pembelajaran, serta alat bahan yang dibutuhkan. Pada tahap pelaksanaan sudah melakukan kegiatan untuk memberikan apersepsi dan motivasi serta melakukan kegiatan-kegiatan berbasis kecerdasan majemuk. Apersepsi dan motivasi tersebut berupa kegiatan alfa zona seperti bernyanyi dan melakukan gerakan refleksi, Warmer dengan mengulang materi sebelumnya, pre-teach dengan memberikan penjelasan awal jalannya proses pembelajaran, dan scenee setting dengan pemberian konsep awal terhadap materi pembelajaran. Sedangkan dalam kegiatan pembelajaran siswa difasilitasi untuk belajar melalui kesembilan jenis kecerdasan, yaitu: linguistik verbal, matematis-logis, visual-spasial, kinestetik, musikal, interpersonal, intrapersonal, naturalis dan eksistensialis. Meskipun, kesembilan jenis kecerdasan tersebut tidak dilakukan dalam satu waktu. Penilaian pembelajaran dilakukan secara autentik dengan menggunakan 3 ranah yaitu; 1) kognitif dengan tes lisan,tertulis dan penugasan, 2) afektif dengan observasi, target bulanan dan penilaiandiri, 3) Psikomotorik dengan tugas proyek dan praktek. Dari hasil analisis berbasis konsep kecerdasan majemuk yang dihubungkan dengan pembelajaran IPS terdapat kelebihan dilihat dari perubahan paradigma guru bahwa semua siswa itu cerdas, sehingga guru lebih memahai dan menghargai keberagaman siswa, mempermudah siswa dalam memahami pelajaran, karena pembelajaran dilakukan dengan hal yang disenangi siswa, membangkitkan motivasi dan rasa percaya diri anak. Adapun kekurangan dalam proses pembelajaran IPS berbasis konsep kecerdasan majemuk dilihat dari sarana dan prasarana yang kurang memadai dalam menunjang kecerdsan siswa dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Analisis Pembelajaran, Konsep Kecerdasan Majemuk, dan IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:59
Last Modified: 27 Sep 2021 07:59
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12705

Actions (login required)

View Item View Item