PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NEGERI 1 MODEL PALEMBANG

YULIANTI, TRI (2017) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NEGERI 1 MODEL PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
TRI YULIANTI 12290065.pdf

Download (49MB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan merupakan cara seorang pemimpin dalam mempengaruhi perilaku bawahan, agar mau bekerjasama dan bekerja secara produktif demi tercapainya tujuan dari organisasi. Kepemimpinan sangat berpengaruh bagi bawahan untuk memotivasi dan memicu bawahan agar dapat memberikan inspirasi mereka, sehingga inspirasi dan kreatifitas bawahan dapat berkembang secara optimal untuk meningkatkan kinerjanya. Adapun latar belakang penulis menganggakat judul ini yaitu kurangnya perhatian kepala madrasah dalam mengevaluasi pekerjaan bawahan dan tidak adanya motivasi yang penuh yang diberikan kepala madrasah dalam kepemimpinannya, sehingga bawahan selalu mengalami kesulitan dalam bekerja. Maka penulis tertarik mengambil judul “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Model Palembang”. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala madrasah di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Model Palembang, untuk mengetahui kinerja pegawai di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Model Palembang dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja pegawai di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Model Palembang. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi dan sampel adalah seluruh pegawai di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Model Palembang yang berjumlah 15 orang dengan rincian laki-laki dan perempuan, jenis penelitian ini kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu, observasi, kuesiuner/angket, dan dokumentasi, sedangkan teknis analisis data yang digunakan adalah mencari Mean, Standar Deviasi, Tinggi Rendah dan menggunakan rumus “T” untuk sampel kecil yang satu sama lain tidak saling berhubungan. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa hasil angket dari Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Kinerja Pegawai di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Model Palembang peneliti melakukan interprasi dengan melakukan perhitungan df sebesar 15 orang dengan rumus (N1+N2) - 2 = (15 + 15) - 2= 28 maka, dengan df sebesar 28 orang berkonsultasi padaa tabel nilai”t” baik pada taraf signifikan5% 2,05 maupun pada taraf signifikan 1% 2,76. langkah selanjutnya dengan membandingkan besarnya”t” yang diperoleh sebesar 0,001 . Dengan hasil yang telah dikemukan bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Model Palembang menerapkan gaya kepemimpinan Demokratis yang selalu memberikan kesempatan pegawai untuk mengemukkan pendapatnya dan gaya kepemimpinan sangat berpengaruh bagi kinerja pegawai. Maka dengan hasil yang didapat peneliti mengajukan saran, pendapat diajukan pada kepala madrasah agar dapat memperhatikan pegawai dan mengevaluasi pekerjaan pegawai dalam meningkatkan kinerja pegawai, sedangkan saran untuk pegawai agar lebih meningkatkan kinerjanya agar dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:59
Last Modified: 27 Sep 2021 07:59
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12707

Actions (login required)

View Item View Item