PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF LEARNING (GL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS X SMA NEGERI 1 SUNGAI LILIN

NELAYANTI, NELAYANTI (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF LEARNING (GL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS X SMA NEGERI 1 SUNGAI LILIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
NELAYANTI (12210179).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul: Penerapan Model Pembelajaran Generatif Learning (GL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas X SMA Negeri 1 Sungai Lilin. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Hasil Belajar siswa sebelum diterapkan Model Pembelajaran Generatif Learning (GL) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas X SMA Negeri 1 Sungai Lilin? Bagaimana Penerapan dan Hasil Belajar siswa setelah diterapkan Model Pembelajaran Generatif Learning (GL) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas X SMA Negeri 1 Sungai Lilin? Apakah Penerapan Model Pembelajaran Generatif Learning (GL) dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas X SMA Negeri 1 Sungai Lilin? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran generatif learning (GL) serta mengetahui adakah peningkatan penerapan model pembelajaran Generatif Learning (GL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi iman kepada malaikat di kelas X SMA Negeri 1 Sungai Lilin. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan desain Pretest-Posttest Design yaitu melakukan pengukuran (pretest), lalu dikenakan perlakuan untuk jangka waktu tertentu, kemudian dilakukan pengukuran kedua (postest). Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif dalam penelitian ini mengenai jumlah siswa, data hasil belajar, serta jumlah sarana dan prasarana yang dimiliki SMA Negeri 1 Sungai Lilin, sedangkan data kualitatif berkenaan dengan hasil wawancara kepada kepala sekolah dan guru SMA Negeri 1 Sungai Lilin. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Sungai Lilin sebanyak 7 kelas, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas X.IPA. 3 yang berjumlah sebanyak 37 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan soal posttest dan preetest, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik analisis statistik dengan menggunakan uji-t atau test “t”. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran generatif learning (GL) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas X SMA Negeri Sungai Lilin sebesar 54,07 yang termasuk dalam kategori kurang baik. Rata-rata hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran generatif learning (GL) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas X SMA Negeri Sungai Lilin sebesar 72,20 yang termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t diperoleh rata-rata peningkatan hasil belajar siswa sebesar 7,08. Maka didapatkan nilai thitung  ttabel (pada taraf signifikan 5%) atau 7,08 > 1,666. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan positif yang signifikan antara penerapan model pembelajaran generatif learning (GL) dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas X SMA Negeri 1 Sungai Lilin, atau (Ha) diterima dan (H0) ditolak

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:01
Last Modified: 27 Sep 2021 08:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12729

Actions (login required)

View Item View Item