PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI MI NAJAHIYAH PALEMBANG

AGUSTINA, FITRI (2019) PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI MI NAJAHIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Fitri Agustina.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masalah rendahnya hasil belajar siswa dalam pelajaran Matematika kelas III di MI Najahiyah Palembang, adapun judul skripsi yang akan dibahas ialah “Pengaruh Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas III Di MI Najahiyah Palembang” Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) mata pelajaran Matematika? Dan adakah pengaruh penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap hasil belajar siswa?. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III MI Najahiyah Palembang yang berjumlah 60 orang siswa yaitu kelas III A dan III B, dalam penelitian ini semua populasi dijadikan sampel. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen (experimental method). Bentuk desain penelitian eksperimen yang peneliti gunakan adalah true experiment design dengan menggunakan posttest�only control design. teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi, dan tes, dalam penelitian kelas III yang menjadi sampel penelitian yang berjumlah 60 orang. Hasil penelitian ini dihitung degan rumus TSR , dan Hasil belajar siswa kelas III A (kelas eksperimen) yang menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) yaitu memperoleh nilai rata-rata 79, tergolong tinggi ada 9 orang siswa dengan presentase (31,034%), tergolong sedang ada 15 orang siswa dengan presentase (51,7%), dan tergolong rendah ada 5 orang siswa dengan presentase (17,241%). Sedangkan hasil belajar siswa kelas III B (kelas kontrol) yang tidak menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) yaitu memperoleh nilai rata-rata 61 tergolong tinggi ada 4 orang siswa dengan presentase (16%), tergolong sedang ada 21 orang siswa dengan presentase (68%), dan tergolong rendah ada 6 orang siswa dengan presentase (19%). Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil posttest. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan rumus uji “T” atau test “T”untuk dua sampel besar didapatkan Nilai “t “yang kita peroleh dalam perhitungan (yaitu to = 4,96) adalah lebih besar dari pada tt (baik pada taraf signifikansi 5% maupun taraf signifikansi 1%), dengan rincian: 1,67 < 4,96 > 2.39 sehingga Ho : ρ > 0 ditolak dan Ha : ρ > 0 diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dan hasil belajar kelas kontrol yang tidak menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) kelas III pada mata pelajaran Matematika materi Pengukuran Panjang, Berat dan Waktu di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang. Kata Kunci : Pendekatan PMRI, Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
500 Sains dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:02
Last Modified: 27 Sep 2021 08:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12741

Actions (login required)

View Item View Item