HUBUNGAN KETERAMPILAN GURU MENGELOLA KELAS DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIJRIYAH II PALEMBANG

Ria Puspita, Dewi (2017) HUBUNGAN KETERAMPILAN GURU MENGELOLA KELAS DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIJRIYAH II PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DEWI RIA PUSPITA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Keterampilan guru mengelola kelas merupakan keterampilan guru memelihara kondisi belajar yang optimal dan mengembalikannya ketika terjadi hal yang mengganggu pembelajaran. Motivasi merupakan dorongan jiwa yang membuat seseorang melakukan suatu kegiatan yang memiliki tujuan tertentu. Cara setiap guru dalam mengelola kelas berbeda-beda begitu pula dengan motivasi belajar setiap siswa yang berada di kelas tersebut. Mengacu dari uraian tersebut, penulis tertarik melakukan penelitian dengan judul “Hubungan Keterampilan Guru Mengelola Kelas dengan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang”. Pokok masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana keterampilan guru mengelola kelas, bagaimana motivasi belajar siswa dan bagaimana hubungan keterampilan guru mengelola kelas dengan motivasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang. Tujuannya untuk mengetahui keterampilan guru mengelola kelas, untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan untuk mengetahui hubungan keterampilan guru mengelola kelas dengan motivasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif, berupa angka-angka yang diperoleh dari skor angket. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer yang dihimpun dari guru dan siswa mengenai keterampilan guru mengelola kelas dan motivasi belajar siswa serta sumber data skunder yaitu data penunjang yang didapatkan dari sekolah. Sampel dalam penelitian ini yaitu 100% berjumlah 42 siswa kelas IV.c. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisa menggunakan rumus TSR, Persentase dan korelasi Product Moment. Hasil penelitian dalam penelitian ini yaitu pertama, keterampilan guru Al�Qur’an Hadits mengelola kelas IV.c di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang tergolong sedang yaitu 26 orang (62%). Kedua, motivasi belajar siswa kelas IV.c juga berada dalam kategori sedang yaitu 17 orang (40,5%). Ketiga, Setelah dianalisa data antara keterampilan guru mengelola kelas dengan motivasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang diperoleh hasil rxy=0,835, untuk memberikan interpretasi terhadap rxy maka kita lihat harga “r” tabel. Diperoleh “r” tabel pada taraf signifikan 5%=0,304 dan pada taraf signifikan 1%=0,393 atau dapat ditulis 5%<rxy>1% maka 0,304<0,835>0,393. Melihat hasil rxy lebih besar dari pada taraf signifikan baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dan dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara keterampilan guru mengelola kelas dengan motivasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:02
Last Modified: 27 Sep 2021 08:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12742

Actions (login required)

View Item View Item