PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DALAM MEMBUAT PRODUK DAUR ULANG LIMBAH PADA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG

MUSTA’IN, M. NASRUL (2017) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DALAM MEMBUAT PRODUK DAUR ULANG LIMBAH PADA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Skripsi M. Nasrul Mustain (13222059) .pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan yang ditemukan dilapangan yaitu rendahnya kreativitas siswa dalam membuat produk daur uang limbah dibuktikan dari hasil observasi tidak ditemukan suatu produk kreatif. Guru kurang memfasilitasi pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas siswa dengan itu maka dilakukan penelitian ini, yang bertujuan mengetahui pengaruh model project based learning terhadap peningkatan kreativitas siswa dalam pembuatan produk daur ulang limbah kelas X di SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental design dengan rancangan penelitian menggunakan non-equivalent control group design. Semua siswa kelas X SMA Muhammadiyah merupakan populasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X1 sebanyak 30 orang (kelas experimental) dan 30 siswa kelas X2 (kelas kontrol) yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, LKS, lembar penilaian kreativitas produk, serta angket kreativitas siswa dalam membuat produk. Analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat data dan uji hipotesis yang meliputi independent sample t test dan paired sample t test. Hasil dari uji independent sample t test menunjukkan nilai signifikansi sebesar (0,000 < 0,05) dan nilai -thitung (-4.544) < -ttabel (-2.021), sedangkan dengan menggunakan paired sample t test menunjukkan bahwa hasil signifikansi kelas eksperimen sebesar (0,000 < 0,05) dan nilai -thitung (-9.681) < -ttabel (-2.045). Hal ini memberikan informasi bahwa Ha dari kedua uji hipotesis tersebut diterima yang artinya model Project Based Learning berpengaruh terhadap peningkatan kreativitas siswa dalam membuat produk daur ulang limbah pada kelas X SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Kata kunci : Kreativitas, Project Based Learning (PjBl).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:02
Last Modified: 27 Sep 2021 08:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12745

Actions (login required)

View Item View Item