IMPLEMENTASI LESSON STUDY DALAM PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMA NEGERI 19 PALEMBANG (Studi Kasus pada Materi: Mengimani Allah.Swt Melalui Asmaul Husna)

Nabila, Nabila (2017) IMPLEMENTASI LESSON STUDY DALAM PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMA NEGERI 19 PALEMBANG (Studi Kasus pada Materi: Mengimani Allah.Swt Melalui Asmaul Husna). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
00. NABILA 13210186.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Agama Islam adalah salah satu mata pelajaran wajib dalam kurikulum pendidikan nasional. Tujuannya adalah membentuk pribadi manusia. Agar tercapainya tujuan tersebut guru perlu menciptakan suasana pembelajaran aktif bagi siswa. Melalui implementasi Lesson Study guru dapat mengkaji bersama merencanakan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang Aktif melalui tahapan-tahapannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif, yakni dilakukan dengan cara menjelaskan, menggambarkan dan menguraikan pokok permasalahan yang hendak dibahas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, deep interview (wawancara mendalam), focus group discussion (FGD), dan teknik dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan model Miles dan Huberman. Setelah itu, data di uji keabsahannya menggunakan uji kredibilitas dengan trianggulasi. Trianggulasi dilakukan dengan cara trianggulasi teknik, sumber data, dan waktu dalam pelaksanaan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Lesson Study dalam pembelajaran aktif pada mata pelajaran PAI kelas X di SMA Negeri 19 Palembang berjalan dengan baik. Melalui tahapannya yakni plan (perencanaan), do (pelaksanaan), dan see (refleksi), guru berkolaborasi merencanakan pembelajaran aktif siswa pada materi Mengimani Allah Swt. melalui Asmaul Husna. Strategi pembelajaran aktif yang digunanakan adalah metode demonstrasi. Adapun masalah yang ditemui pada saat pelaksaan Lesson Study adalah pelaksanaan open lesson pada jadwal sekolah sehingga berbarengan dengan jadwal mengajar guru yang berperan sebagai observer. Selain itu, tidak semua guru siap menjadi guru observer. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa implementasi Lesson Study mampu meningkatkan kualitas pebelajaran siswa menjadi lebih aktif saat di kelas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 19 Palembang. Kata Kunci : Lesson Study, Pembelajaran Aktif, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:34
Last Modified: 27 Sep 2021 08:34
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12761

Actions (login required)

View Item View Item