PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS II PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI WATHONIYAH PALEMBANG

hikmah, nurul (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS II PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI WATHONIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI nurul hikmah NIM..13270084.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Keterampilan mendengarkan dongeng penting dimiliki oleh siswa di Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah. Dikatakan demikian, karena dengan adanya kepemilikan keterampilan mendengarkan dongeng siswa dapat memiliki kemampuan menangkap informasi yang didengar dengan baik dan benar. Penggunaan media boneka tangan dalam pembelajaran mendengarkan dongeng memungkinkan siswa untuk belajar secara aktif, melatih kemampuan menyimak. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana hasil belajar siswa kelas II pada mata pelajaran bahasa Indonesia sebelum menggunakan media boneka tangan, Bagaimana hasil belajar siswa kelas II pada mata pelajaran bahasa Indonesia sesudah menggunakan media boneka tangan, Bagaimana pengaruh penggunaan media boneka tangan terhadap hasil belajar siswa kelas II pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Wathoniyah Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, jenis metode yang digunakan adalah eksperimen pre-experimental. Bentuk desain penelitian one-group pretest-posttest design, sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dengan 29 siswa. Teknik pengumpulan data menngunakan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik product moment. Hasil belajar siswa kelas II pada mata pelajaran bahasa Indonesia sebelum penggunaan media boneka tangan pada kelas II MI Wathoniyah Palembang dengan nilai pretest kategori tinggi berjumlah 9 orang dengan nilai 65 ke atas, sedang berjumlah 10 orang dengan nilai 41 sampai dengan 65, dan yang tergolong rendah berjumlah 10 orang dengan nilai 41. Hasil belajar siswa kelas II pada mata pelajaran bahasa Indonesia sesudah penggunaan media boneka tangan pada kelas II di MI Wathoniyah Palembang dengan nilai posttest kategori tinggi berjumlah 12 orang dengan nilai 94 ke atas, sedang berjumlah 10 orang dengan nilai 76 sampai 94, dan yang tergolong rendah berjumlah 7 orang dengan nilai 76 ke bawah. Pengaruh Penggunaan media boneka tangan sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas II hal ini terbukti bahwa dari hasil perhitungan rxy atau ro(yang besarnya= 0,950) jauh lebih besar dari pada rtabel (yang besarnya 0,367 dan 0,470). Karena ro lebih besar dari pada rtabel maka Hipotesis Nihil (Ho) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima, ini berarti Ada pengaruh penggunaan media boneka tangan terhadap hasil belajar siswa kelas II pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MI Wathoniyah Palembang

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:36
Last Modified: 27 Sep 2021 08:36
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12792

Actions (login required)

View Item View Item