PENERAPAN MODEL MASTERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH WAHTONIYAH PALEMBANG

DWI LESTARI, ANGGINI (2017) PENERAPAN MODEL MASTERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH WAHTONIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Skripsi_ANGGINI DWI LESTARI_13270006.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masalah rendahnya hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA Kelas IV disebabkan metode yang disampaikan oleh guru hanya metode konvesional saja sehingga menyebabkan nilai IPA siswa tersebut menjadi di bawah KKM. Melalui model belajar tuntas (mastery learning) diharapkan mampu membuat siswa lebiah aktif dan dapat memahami materi ajar yang akan disampaikan oleh guru dalam proses pembelajaran di kelas, khususnya pelajaran IPA, sehingga hasil belajar siswa bias meningkat serta mencapai KKM yang disudah ditetapkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini 1) Bagaimana hasil belajar siswa sebelum diterapkan model belajar tuntas (mastery learning) pada mata pelajaran IPA materi penggolongan hewan kelas IV Di MI Wahtoniyah Palembang. 2) Bagaimana hasil belajar siswa sesudah diterapkan model belajar tuntas (mastery learning) pada mata pelajaran IPA materi Penggolongan hewan kelas IV di MI Wahtoniyah Palembang. 3) Bagimana Pengaruh Penerapan model belajar tuntas (mastery learning) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Materi Penggolongan hewan kelas IV Di MI Wahtoniyah Palembang.? Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksprimen dengan pendekatan kuantitatif yang menekankan satu penelitian eksperimen yang benar-benar dilakukan pre-exprimental design ibentuk One- group Pre-test post-Test design sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara, dokumentasi, observasi dan tes. Dalam penelitian ini kelas yang menjadi sampel penelitia adalah kelas IV sebanyak 29 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan pertama, penerapan Model Belajar Tuntas (Mastery Learning) yang dilakukan praktek angsung selama 4 X Pertemuan dengan materi Penggolongan hewan yang dapat dilihat melalui observasi guru kelas ketika peneliti melakukan penelitian, kedua, hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan model belajar tuntas (mastery learning) mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari prsentase hasil belajar siswa pada saat pre-test yaitu yang tergolong kategori nilai tinggi sebanyak 7 orang siswa (24,13%), nilai sedang 18 orang siswa (62,07%), dan nilai rendah 4 orang siswa (13,8 % ) sedangkan pada Post –Test yang tergolong kategori nilai tinggi sebanyak 5 orang siswa (17,24%) , nilai sedang 22 orang siswa (75,86%), dan nilai rendah 2 orang siswa (6,9%). Ketiga, Uji hipotesa dengan menggunakan rumus uji “t” didapatkan kesimpulan besarnya t yang diperoleh dalam perhitungan (to=18,66) dan besarnya t yang tercantum pada tabel tt,ts 5% = 2,05 dan tt,ts 1% = 2,76% maka dapat diketahui bahawa to lebih besar dari pada tt, yaitu 2,05<18,66>2,76. Dengan demikian dari uji hipotesa penelitian di atas disimpulkan bahwa HO yang diajukan ditolak. Ini berarti Ha diterima, bahwa dapat pengaruh yang signifikan penerapan model belajar tuntas (mastery learning) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Wahtoniyah Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:41
Last Modified: 27 Sep 2021 08:41
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12808

Actions (login required)

View Item View Item