HARVINA, DIAN (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 03 PAYARAMAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
DIAN HAVINA 14270018.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh masalah rendahnya Hasil Belajar Siswa Siswa Kelas V di SD N 03 Payaraman” Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1). Bagaimana penerapan model Quantum Teaching pada mata pelajaran IPS kelas V di SD N 03 Payaraman di kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching? 2). Bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model Quantum Teaching pada mata pelajaran IPS kelas V di SD N 03 Payaraman? 3). Apakah terdapat pengaruh model Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD N 03 Payaraman. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa pengaruh model penggunaan model Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di SD N 03 Payaraman dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan, yaitu 2 kali treatmen (pemberian perlakuan) dan 1 kali posttest (setelah diberi perlakuan). Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V B di SD N 03 Payaraman saat treatmen memiliki rata-rata nilai 50. Kemudian diadakan posttest setelah diberikan perlakuan sebanyak 1 kali pertemuan (treatment) pada kelas V A dengan ratarata nilai posttest 85. Tes diberikan pada saat posttest dengan 20 soal pilihan ganda. Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di SD N 03 Payaraman. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan merujuk pada harga to maka langkah selanjutnya adalah memberikan interpretasi terhadap to : df = (N1 + N2) – 2 = (30 + 30) – 2 = 58. Dengan df sebesar 58 dikonsultasikan dengan Tabel Nilai “t”, baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1%. Ternyata dengan df sebesar 58 itu diperoleh kritik “t” atau tabel pada ttabel taraf signifikansi 5% t tabel atau tt = 2,01. Sedangkan pada taraf signifikansi 1%= 2,68.Karena to telah diperoleh sebesar 10,92sedangkan tt = 2,01 dan 2,68 maka to adalah lebih besar dari pada tt , baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1% dengan rincian2,01<10,92> 2,68. Dengan demikian Hipotesis Nihil yang menyatakan bahwa tidak ada pengaruh penggunaan Model Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa kelas V pada di SD Negeri 03 Payaraman, tidak diterima / ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima.Maka dapat ditarik kesimpulan,Ada pengaruh penggunaan Model Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 03 Payaraman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 08:42 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 08:42 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12818 |
Actions (login required)
View Item |