SAID AGIL HUSIN AL-MUNAWAR (STUDI TERHADAP RIWAYAT HIDUP, KARYA DAN PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM PADA MADRASAH).[SKRIPSI]

FUSPITASARI, ENDA (2017) SAID AGIL HUSIN AL-MUNAWAR (STUDI TERHADAP RIWAYAT HIDUP, KARYA DAN PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM PADA MADRASAH).[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
ENDA FUSPITASARI (13210079).pdf

Download (707kB) | Preview

Abstract

Secara historis, umat Islam mengalami puncak kemajuan karena didorong oleh berkembangnya hasil karya ilmiah, kemudian ketika umat Islam memasuki jurang kemunduran, hal tersebut selalu dibarengi dengan menurunnya karya-karya monumental hasil penemuan ilmiah. Tinjauan ini mengisyaratkan perlunya upaya melestarikan khazanah intelektual muslim terdahulu. Dengan begitu, agar dapat diketahui historisitas pemikiran mereka. Kegelisahan akademik, mengantarkan penulis pada Prof. Dr. H. Said Agil Husin Al-Munawar, M.A. Namun demikian, oleh sebagian intelektual, membahas pemikirannya tentang pendidikan Islam, khususnya terhadap pengembangan pendidikan madrasah adalah sesuatu yang baru, karena sosoknya kurang dikenal dalam wacana pendidikan Nasional. Dalam menanggapi pendapat tersebut, maka perlu pembuktian secara serius. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengungkap Said Agil Husin Al-Munawar (Studi terhadap Riwayat Hidup, Karya dan Pemikiran Pendidikan Islam Pada Madrasah). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu ; 1). Bagaimana Konsep Pendidikan Islam Said Agil tentang Pengembangan Pendidikan Madrasah ? dan 2). Bagaimana Relevansi Pemikiran Said Agil terhadap Pendidikan Islam Pada Madrasah Saat Ini ? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis penelitian ini adalah riset kepustakaan (library research). Namun, penulis memadukannya dengan wawancara, dengan alasan tokoh yang diteliti masih hidup. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah penelusuran literatur dan wawancara, dengan tehnik analisis data yaitu ; analisis domain, taksonomi, komponensial dan tema kultural. Data tersebut dianalisis mulai dari isi, gagasan-gagasan yang ada dalam data primer, sekunder dan hasil wawancara, kemudian dianalisis secara kritis. Dalam hal ini data dikaji dari gagasan yang umum, kemudian ditarik menuju gagasan yang khusus agar menghasilkan kesimpulan yang objektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk kemajuan madrasah, seluruh penyelenggara pendidikan baik pimpinan madrasah, pengurus yayasan, maupun para guru, untuk memiliki sifat kreatif dan inovatif. Mungkin, dikarenakan selama ini selalu dikembangkan uniformitas, keseragaman, serta petunjuk dan sejenisnya, para guru akan merasa mendapatkan beban yang berat. Karena itu, dorongan dan bimbingan dari pada pemimpin organisasi yang menangani bidang pendidikan untuk para guru dan kepala madrasah sangat diharapkan secara terus menerus dan berkesinambungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
?? LA ??
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Aug 2018 03:12
Last Modified: 28 Aug 2018 03:12
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/1282

Actions (login required)

View Item View Item