PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ETHIKA PALEMBANG

FEBRIYANTI, DEWI (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ETHIKA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
DEWI FEBRIYANTI 12210059.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI Di Sekolah Menengah Kejuruan Ethika Palembang”. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimana hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas eksperimen di SMK Etika Palembang? bagaimana hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas kontrol di SMK Etika Palembang? adakah perbedaan hasil belajar siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMK Etika Palembang?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas eksperimen di SMK Ethika Palembang, untuk mengetahui hasil belajar dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas kontrol di SMK Ethika Palembang, serta untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMK Etika Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data ada dua, yaitu data kualitatif berupa alat pengukur data dari hasil observasi dan wawancara dengan guru tentang proses dan pelaksanaan pembelajaran di kelas dan kepala sekolah tentang profil sekolah, dan siswa tentang hasil belajarnya sedangkan data kuantitatif berupa jumlah guru dan peserta didik, tenaga administrasi, sarana dan prasarana. Sumber data dalam penelitian ada dua, yaitu sumber data primer meliputi kepala sekolah, guru, dan siswa sedangkan data sekunder meliputi dokumentasi dari pihak sekolah serta buku/literatur. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa kelas XI. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 20 siswa kelas XI Akutansi sebagai kelas eksperimen dan 23 siswa kelas XI ADM sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data adalah analisis komparasional. Selanjutnya menggunakan rumus TSR dan presentase. Selanjutnya, menghitung uji-t. Hasil penelitian yaitu pertama, hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran inquiry pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tergolong “tinggi”. Hal ini dapat dilihat dari 9 hasil post-test yang di berikan terhadap 20 siswa , dengan kategori tinggi berjumlah 9 orang (45%), dan yang mendapatkan kategori sedang berjumlah 7 orang (35%), serta yang mendapatkan kategori rendah berjumlah 4 orang (20%). Kedua, hasil belajar siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan model pembelajaran inquiry pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang mendapatkan kategori “sedang”. Hal ini dapat dilihat dari 15 hasil post-test yang diberikan terhadap 23 siswa, dengan kategori tinggi berjumlah 4 orang (17,4%) dan, yang mendapatkan kategori sedang berjumlah 15 orang (65,2%), serta yang mendapatkan kategori rendah berjumlah (17,4%). Ketiga, Ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang diterapkan model pembelajaran inquiry pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMK Etika Palembang. Terbukti dari hasil perhitungan t0 sebesar 5,413 dan dikonsultasikan dengan “tt” tabel maka taraf signifikansi 5% maupun 1% yaitu 2,6< 5,413 > 2,02. Maka Ha (Hipotesis alternatif) diterima dan Ho (Hipotesis nol) ditolak dan dapat di ketahui dari nilai tes dan penghitungan TSR. Kelas eksperimen yaitu nilai tertinggi 100 dan penghitungan TSR yaitu tinggi berjumlah 9 siswa dengan persentase 45% dan kelas kontrol yaitu nilai tertinggi adalah 90 dan perhitungan TSR yaitu sedang berjumlah 15 siswa dengan persentase 65,2%, jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran inquiry.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:44
Last Modified: 27 Sep 2021 08:44
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12836

Actions (login required)

View Item View Item