IMPLEMENTASI KURIKULUM K-13 DI SD NEGERI 226 PALEMBANG

maria saimona, rizki (2017) IMPLEMENTASI KURIKULUM K-13 DI SD NEGERI 226 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
RIZKI MARIA SAIMONA(13270111).pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pendidikan tidak dapat dipisahkan dengan kurikulum, Kurikulum merupakan salah satu komponen yang sangat berarti dalam pendidikan. Karena merupakan oprasionalisasi tujuan yang dicita-citakan, bahkan tujuan tidak akan tercapai tanpa keterlibatan kurikulum pendidikan. Oleh karena itu “kurikulum” merupakan faktor yang sangat menentukan dalam suatu lembaga pendidikan. Kurikulum 2013 yang implementasinya dilakukan secara serempak tahun 2014 pada seluruh sekolah di lingkungan pendidikan dasar dan menengah, memosisikan guru tetap memegang peran pentig terutama dalam merealisasikan pembelajaran. Kualitas pendidikan sangat tergantung pada kualitas pendidiknya. Seorang guru dituntut untuk memahami perubahan dan penyempurnaan kurikulum baru. Sebab kualitas proses dan hasil pembelajaran di sekolah sangat tergantung pada kemampuan guru dalam menerapkan kurikulum tersebut dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan pendekatan dan media pada kurikulum K-13 di SD Negeri 226 Palembang, Apa faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan kurikulum K-13 di SD Negeri 226 Palembang? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini, yaitu data primer berupa data yang dihimpun dari guru kelas I-VI, kepala sekolah, dan siswa berkenaan dengan pendekatan, media pada pembelajaran kurikulum K-13 yang di terapkan oleh guru kelas di SD Negeri 226 Palembang. Data sekunder yaitu data yang diperoleh dari arsip-arsip, dokumen-dokumen yang berhubungan dengan penelitian ini diperoleh melalui metode studi dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian implementasi kurikulum K-13 di SD Negeri 226 Palembang yaitu terdapat guru yang belum menerapkan pendekatan saintifik secara lengkap di kelas dikarenakan waktu yang tidak cukup untuk menerapkan kelima langkah pendekatan saintifik, saran yang diberikan peneliti bahwa guru hendaknya lebih menyesuaikan lagi alokasi waktu saat mengimplementasikan pembelajaran dengan yang dibuat pada RPP, sehingga dari awal sampai penutup semua kegiatan dapat diterapkan dengan utuh dan baik. Serta media pembelajaran lebih disiapkan lagi ketika mengimplementasikan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:46
Last Modified: 27 Sep 2021 08:46
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12886

Actions (login required)

View Item View Item